F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Halaqah 2 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 02: Tafsir Basmalah

Halaqah 2 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 02: Tafsir Basmalah
🆔 Group WA HSI AbdullahRoy
🌐 edu.hsi.id
🔊 Halaqah 2 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 02: Tafsir Basmalah
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Halaqah 02 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 02: Tafsir Basmalah

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Dan sebelum beliau memulai membahas tentang 3 Landasan Utama, beliau memberikan muqoddimah dari kitab ini, pembukaan yang sangat bermanfaat. Beliau menyebutkan diawal muqoddimahnya tentang tafsir dari surat Al Ashr, beliau mengatakan

بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan menyebut nama Allah – الرحمن – dan – الرحيم-
Dan disini beliau memulai kitabnya dengan basmallah karena
  • Mengikuti Allah Subhanahu wa Taala ketika Allah memulai kitabNya yaitu Al-Quran dengan Basmallah, demikian pula
  • Mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah ﷺ ketika beliau mengirim surat-surat dakwah kepada sebagian Raja-raja para penguasa yang ada di zaman beliau ﷺ, beliau memulai suratnya dengan Basmalah.
Dan ب didalam kalimat Bismillah ini adalah ب al Isti’anah, ب yang isinya memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Taala,

Bismillah – ismullah nama Allah, maksudnya Nama-nama Allah Subhanahu wa Taala

Ism disini adalah mufrod didalam bahasa Arab itu kalimat yang tunggal. Kata yang tunggal apabila disandarkan maka ini adalah mencakup seluruh nama, jadi tidak hanya mencakup 1 nama Allah saja tetapi mencakup seluruh Nama Allah Subhanahu wa Taala yang dinamakan dengan Asmaul Husna.

Apabila seseorang mengatakan bismillah berarti dia telah beristianah/memohon pertolongan dengan menyebut seluruh nama Allah Subhanahu wa Taala, bukan hanya Lafudzalallah yaitu Allah, bukan hanya – الرحمن- bukan hanya – الرحيم – tetapi dengan seluruh nama Allah Taala.

Lafduzalallah Allah adalah nama Allah yang paling A’dzom (yang paling besar), dimana Nama-nama yang lain ini disandarkan kepada Lafduzalallah ini.

Seseorang mengatakan – الرحمن – adalah nama diantara nama Allah. – الرحيم – adalah nama diantara nama Allah dan tidak mengatakan Allah adalah nama diantara nama-nama – الرحمن – karena Lafduzalallah yaitu Allah adalah nama yang paling besar nama-nama yang lain yaitu – الرحمن ،الرحيم، الملك…- nama-nama yang lain disandarkan kepada Lafduzalallah ini, dan Allah atau Lafduzalallah berasal dari al Illah atau al Uluhah yang artinya adalah ibadah Allah adalah al Ma’lum dan arti al Ma’lum adalah al Ma’bud yang disembah

وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ
Dan Dia adalah Allah yang disembah baik dilangit maupun di bumi
Dilangit disembah oleh para Malaikat, dan dibumi disembah oleh orang-orang yang beriman. – الرحمن – yang artinya Yang Maha Penyayang, diambil dari kata Rohmah kasih sayang Allah Subhanahu wa Taala diantaranya adalah – الرحمن – dan tidak boleh makhluk memiliki nama – الرحمن – yang mengandung sifat Rohmah demikian pula – الرحيم -artinya adalah Maha Penyayang dan Allah memiliki sifat Rohmah.

Dan perbedaan antara – الرحمن – dengan – الرحيم – diantaranya disebutkan oleh para ulama bahwasanya
  1. - الرحمن – mengandung sifat rohmah yang menyeluruh untuk seluruh makhlukNya termasuk diantaranya orang-orang kafir mereka mendapatkan rizki, makanan, harta, minuman, rizki anak, istri ini semua adalah bagian dari rahmat Allah Subhanahu wa Taala namun bukan khusus orang yang beriman Allah berikan juga kepada orang-orang yang kafir,
  2. Adapun – الرحيم – maka mengandung sifat rohmah yang khusus untuk orang-orang yang beriman seperti misalnya hidayah, petunjuk jalan yang lurus, nikmat keimanan, nikmat beramal sholeh.
Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا
Allah Subhanahu wa Taala Rahim kepada orang-orang yang beriman [QS Al-Ahzaab 43]
الله تعالى أعلم

Dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

بِاللَّهِ التَّوْفِيْقِ وَ الْهِدَايَةِ
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ ووَبَرَكَاتُهُ

Saudaramu,
‘Abdullāh Roy
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.