F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Halaqah 3 ~ Pengantar 03: Empat Perkara Yang Wajib Dipelajari Bagian 1

Halaqah 3 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 03: Empat Perkara Yang Wajib Dipelajari Bagian 1
🆔 Group WA HSI AbdullahRoy
🌐 edu.hsi.id
🔊 Halaqah 3 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 03: Empat Perkara Yang Wajib Dipelajari (Bagian 1)
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Halaqah 03 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 03: Empat Perkara Yang Wajib Dipelajari (Bagian 1)

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Beliau mengatakan :

اعلم رحمك الله : أنه يجب علينا تعلم أربع مسائل

Ketahuilah semoga Allah merahmatimu sesungguhnya wajib atas kita semua untuk mempelajari 4 perkara

Orang Arab apabila mengatakan – اعلم – ketahuilah menunjukan bahwasanya apa yang akan disampaikan setelahnya adalah perkara yang sangat penting sehingga mengatakan – اعلم – ketahuilah wahai saudara-saudariku menunjukkan bahwasanya apa yang akan beliau disampaikan adalah memang pantas diperhatikan dan hendaknya seseorang yang mendengarnya menyiapkan pendengarannya untuk bisa menyimak apa akan disampaikan.

Kemudian beliau mengatakan – رحمك الله – semoga Allah merahmatimu. Mendoakan bagi setiap pembaca bagi setiap pendengar yang mendengar kitab beliau atau membaca kitab beliau, didoakan dengan rahmat dan kasih sayang Allah Subhanahu wa Taala, dan ini adalah termasuk adab seorang mualim yang ingin mengajarkan kepada muridnya kepada orang lain supaya mendoakan kebaikan bagi orang yang ingin diajarkan.

Didoakan dengan Rahmat dengan maghfiroh dan juga kebaikan-kebaikan yang lain. Yang demikian itu akan menambah keikhlasan seseorang dan akan menambah kasih sayang diantara keduanya, baik yang mengajarkan maupun yang diajarkan.

اعلم رحمك الله : أنه يجب علينا تعلم أربع مسائل

Wajib bagi kita semua untuk mempelajari 4 perkara.

Yang dimaksud dengan wajib artinya masing-masing dari kita tidak ada udzur untuk meninggalkannya, apabila seseorang melakukannya dia menambahkan pahala dan apabila meninggalkannya maka dia berdosa.

تعلم أربع مسائل

Mempelajari 4 perkara ini.

Ilmu tidak semuanya wajib, disana ada Ilmu yang Fardhu ain wajib bagi setiap muslim dan muslimat untuk mempelajarinya, seperti ilmu tentang Iman, mengilmui Thoharoh, mengilmui shalat 5 waktu, maka ini adalah termasuk wajib ain, harus dan wajib bagi setiap Muslim dan juga muslimah untuk mempelajari perkara ini, karena shalat 5 waktu kewajiban semuanya tidak mungkin seseorang bisa menjalankan shalat 5 waktu kecuali apabila dia mengilmui bagaimana melakukan shalat 5 waktu tersebut.

Dan disana ada Ilmu yang Fardhu Kifayah, apabila sudah ada sebagian kaum muslimin yang mempelajari maka tidak wajib bagi yang lain untuk mempelajari ilmu tersebut. Misalnya tentang ilmu Faraidh tentang pembagian waris, apabila sudah ada sebagian yang mempelajari mendalami maka tidak diharuskan seluruh kaum muslimin untuk mempelajari ilmu ini, disana ada perkara atau ilmu yang sunnah yang dianjurkan yang apabila diketahui maka ini baik dan afdhol namun apabila tidak dipelajari/ tidak diketahui maka seseorang tidak berdosa karena tidak mempelajari ilmu tersebut.

Disini beliau mengatakan wajib bagi kita untuk mempelajari 4 perkara

الأولى: العلم،

1. Ilmu

Wajib bagi kita untuk mengatahui yang pertama Ilmu.

وهو: معرفة الله،و معرفة نبيه ﷺ، و معرفة دين الإسلام بالأدلة

Yang dimaksud Ilmu adalah mengilmui ma’rifatullah (mengenal Allah), dan mengenal Nabi ﷺ dan mengenal Agama Islam dengan dalil-dalilnya.

الثانية: العمل به

2. Mengamalkan ilmu yang sudah kita pelajari.

Kalau kita sudah mengenal Allah, sudah mempelajari siapa Allah dan bagaimana hakNya dan kita mengenal Nabi Muhammad ﷺ dan apa haknya, dan mengenal Agama Islam apa pondasinya, apa yang dimaksud dengan rukun Islam, apa yang dimaksud dengan rukun Iman, maka kewajiban yang kedua adalah mengamalkan.

Karena maksud belajar adalah mengamalkan, ilmu dipelajari bukan hanya sekedar dipelajari akan tetapi tujuan utamanya adalah diamalkan, ilmu yang tidak diamalkan sebagaimana ucapan para Ulama seperti pohon yang tidak berbuah.

الثالثه: الدعوة إليه

3. Berdakwah kepada Ilmu dan amal ini.

Apabila kita seorang Muslim sudah mengetahui kemudian yang kedua sudah mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan kita merasakan manfaatnya mengenal Allah, mengenal Nabi ﷺ, mengenal agama Islam maka hendaklah kita berusaha untuk menyampaikan kebaikan ini kepada orang lain yang mungkin banyak diantara mereka yang belum mempelajari tentang mengenal Allah, mengenal Nabi ﷺ dan juga mengenal agama Islam apalagi mengamalkan dan ini sebagai tanda cinta kita sebagai seorang saudara sebagaimana sabda Nabi ﷺ

لا يؤمن أحدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه
Tidak beriman salah seorang diantara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri
Sebagaimana kita senang dan bahagia mengenal Allah, mengenal Nabi ﷺ, mengenal agama Islam dan dengannya kita selamat di dunia dan di akhirat maka kita berusaha untuk menjadikan saudara kita berbahagia mencintai untuk saudara kita apa yang kita cintai untuk diri kita sendiri.

Dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

بِاللَّهِ التَّوْفِيْقِ وَ الْهِدَايَةِ
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ ووَبَرَكَاتُهُ

Saudaramu,
‘Abdullāh Roy

Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.