F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-263: Bab 23 ~ Pembahasan Surah Al-Maidah Ayat 78-79

Audio ke-263: Bab 23 ~ Pembahasan Surah Al-Maidah Ayat 78-79
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-496
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU, 26 Rajab 1445 H / 07 Februari 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah
Audio https://drive.google.com/file/d/1luw4GtJuXf-SylgwlWAiKoTx5WZfyQht/view?usp=sharing

💽 Audio ke-263: Bab 23 Memerintahkan kepada Kebaikan dan Melarang dari Kemungkaran ~ Pembahasan Surah Al-Maidah Ayat 78-79


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ


Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Na'am. Ayat selanjutnya.

{ لُعِنَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنۢ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ عَلَىٰ لِسَانِ دَاوُۥدَ وَعِيسَى ٱبْنِ مَرْيَمَ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوا۟ وَّكَانُوا۟ يَعْتَدُونَ ۞ كَانُوا۟ لَا يَتَنَاهَوْنَ عَن مُّنكَرٍ فَعَلُوهُ ۚ لَبِئْسَ مَا كَانُوا۟ يَفْعَلُونَ }
"Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas. Mereka tidak saling mencegah perbuatan mungkar yang selalu mereka perbuat. Sungguh, sangat buruk apa yang mereka perbuat."(QS. Al-Maidah: 78-79)
Na'am.
Tadi kita sampaikan, meninggalkan amar ma'ruf nahi mungkar berarti mengundang laknat Allah 'Azza wa Jalla. Allah ceritakan tentang orang-orang kafir dari Bani Israil, dari kaumnya Nabi Musa 'Alaihissalam.

Kenapa mereka dilaknat? Mereka dilaknat melalui lisannya Nabi Daud 'Alaihissalam dan Nabi Isa ibn Maryam. Penyebabnya kemaksiatan mereka. Mereka durhaka dan melampaui batas.
Seperti apa bentuk kemaksiatan yang mereka lakukan?

{ كَانُوا۟ لَا يَتَنَاهَوْنَ عَن مُّنكَرٍ فَعَلُوهُ }
"Mereka tidak saling mencegah perbuatan mungkar yang selalu mereka lakukan."
Mendiamkan kemungkaran. Bahkan mungkin lebih parah dari itu, satu sama lain saling mengajak berbuat mungkar. Dan itu sifat orang-orang musyrikin dan munafikin. Bukan mengajak orang berbuat baik, tapi mengajak orang berbuat kemungkaran.

Jadi kita di negeri kita, di mana pun kita berada, di kantor kita, di tempat kerja kita, apabila kita melihat kemungkaran lalu kita mendiamkannya sedangkan kita mampu untuk berkata, mengajak dia kepada kebaikan, maka kita akan terlaknat, Jamaah. Maka caranya agar tidak terlaknat adalah beramar ma'ruf nahi mungkar.

Bani Israil, salah satu kemungkaran yang mereka lakukan adalah mereka menangkap ikan di hari Sabtu. Hari yang mulia di agama mereka, mereka kerja, mereka menangkap ikan. Akhirnya mereka merasa salah, mereka tidak mau menangkap ikan di hari Sabtu karena dilarang. Maka mereka pasang jaring di hari Jum'at, hari Sabtu libur. Karena pada hari Sabtu ikan pada datang. Ini sebagai ujian buat mereka. Mereka di hari Ahad baru ambil hasil ikan. Itu salah satu kemungkaran yang dilakukan oleh Bani Israil.

Dan kalau kita lihat cerita Bani Israil ketika diperintahkan untuk masuk ke Palestina -ke Ursalin- oleh Nabi Musa 'Alaihissalam, apa jawaban mereka?

{ قَالُوْا .. فَاذْهَبْ اَنْتَ وَرَبُّكَ فَقَاتِلَآ }
Engkau silakan berangkat berperang sama Tuhanmu,
{ اِنَّا هٰهُنَا قٰعِدُوْنَ }
kita akan menunggu hasilnya di sini.
Kalau menang kita akan masuk, kalau kalah, ya sudah.

Subhanallah.
Itu sifat Bani Israil yang kafir, jauh dari petunjuk Allah 'Azza wa Jalla.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.

══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.