F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-244: Bab 20 ~ Pembahasan Hadits Abu Masud Uqbah bin Amr Al-Anshari Al Badri

Audio ke-244: Bab 20 ~ Pembahasan Hadits Abu Mas'ud Uqbah bin Amr Al-Anshari Al Badri
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-477
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 KAMIS, 29 Jumadil Akhir 1445 H / 11 Januari 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-244: Bab 20 Memberi Petunjuk kepada Kebaikan dan Mengajak kepada Kebenaran atau Kesesatan ~ Pembahasan Hadits Abu Mas'ud 'Uqbah bin 'Amr Al-Anshari Al-Badri Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِلِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Thayyib. Kita baca hadits pertama dalam bab ini.
عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو الْأَنْصَارِيِّ الْبَدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ❲ مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ ❳ . ❊ رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Dari Abu Mas'ud, 'Uqbah bin 'Amr Al-Anshari Al-Badri radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Barang siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya seperti pahala yang diterima pelakunya'." (HR. Muslim)
Thayyib. Ini hadits dari Abu Mas'ud, 'Uqbah bin 'Amr Al-Anshari. Kalau mau disambung baca 'Amr-nya,

عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ

Thayyib.
Ia meriwayatkan bahwa Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam menyebutkan salah satu kemuliaan orang yang mengajak kepada kebaikan.

Kata Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam,

❲ مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ ❳
"Barang siapa yang menunjukkan kepada perbuatan kebaikan"
Dia menunjukkan kepada perbuatan kebaikan, baik dengan lisannya, baik dengan tulisannya, baik dengan perbuatannya; dia menunjukkan kepada orang lain agar mereka melakukan kebaikan, maka orang ini akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya. Sama.

Subhanallah.
Maka di sini antum bisa bayangkan berapa besar pahala Nabi kita Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, karena semua orang itu belajar dari Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam. Berapa besar pahalanya Umar bin Khattab radhiyallahu Ta'ala 'anhu.

Abu Bakar radhiyallahu Ta'ala 'anhu ketika masuk Islam, Abu Bakar itu mendakwahi yang lainnya. Dia mengajak Abdurrahman bin ‘Auf, dia mengajak Utsman bin ‘Affan, dia mengajak Talhah bin ‘Ubaidillah, Zubair bin ‘Awwam. Kira-kira ada enam sahabat itu yang diajak sama Abu Bakar radhiyallahu Ta'ala 'anhu, yang mereka termasuk para sahabat yang dijamin masuk surga. Bayangkan, berapa besar pahala Abu Bakar radhiyallahu 'anhu. Dia dapat pahala, pahalanya ‘Abdurrahmaan bin Auf. Subhanallah.

Maka jangan meremehkan urusan dakwah ini, urusan mengajak orang lain kepada kebaikan. Akan mendapatkan pahala yang sama dengan pahala orang yang melakukannya.

Contoh mungkin, shalat Dhuha. Ada orang tanya sama antum, "Aduh, ana ini lagi susah..."
Antum coba shalat Dhuha lah, dua raka’at, empat raka’at, karena ada hadits yang menjelaskan, Allah akan jamin kehidupan orang tersebut di hari itu, ketika dia di pagi hari shalat, sampai sore dijamin sama Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Lalu orang itu mengamalkan. Antum sendiri enggak mengamalkan karena satu dan lain sebabnya. Antum ingin mengamalkan, tapi belum bisa karena kesibukan, umpamanya. Antum dapat pahala shalat Dhuha.

Kalau kita tidak mau bersungguh-sungguh mengajak orang lain kepada kebaikan... Tapi ingat, semua itu ada caranya. Jangan sampai antum mengajak kepada kebaikan ternyata menimbulkan kemungkaran.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.