F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-248: Bab 21 ~ Pembahasan Surah Al-Maidah Ayat 2

Audio ke-248: Bab 21 ~ Pembahasan Surah Al-Maidah Ayat 2
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-481
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU, 05 Rajab 1445 H / 17 Januari 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-248: Bab 21 Saling Tolong-menolong dalam Kebajikan dan Ketakwaan ~ Pembahasan Surah Al-Maidah Ayat 2


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Thayyib.
Kita masuk kepada bab baru, yaitu Bab tentang:

[ التَّعَاوُنُ عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى ]

(At-ta'aawun 'alal-birri wat-taqwa)
"Saling Tolong-menolong dalam Kebajikan dan Ketakwaan."
{ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى }
"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa."
Na'am. Ayat ini pernah kita bahas. Ini sesuai dengan temanya yaitu tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Gotong royong, ya.

Membangun negeri ini, itu butuh kerja sama dalam kebaikan dan dalam ketakwaan. Kalau ana dengar ya, subhanallah, yang ditangkapi oleh KPK, yang jual beli jabatan.. Kenapa akhirnya ada perguruan tinggi-perguruan tinggi Islam itu yang tidak berkualitas? Ada lembaga-lembaga yang tidak berkualitas? Karena pejabatnya itu bukan orang yang profesional, bukan orang yang punya kredibilitas sebagai pemimpin. Tapi siapa yang mau bayar, maka bisa. Itu bukan tolong-menolong dalam kebaikan.

Seharusnya kita menolong dalam kebaikan. Kita lihat orang ini kayaknya bagus untuk duduk di tempat ini. Kita jadikan di tempat ini, duduk di sana tanpa bayar, tanpa apa. Subhanallah. Kalau orang itu ternyata betul bisa memberikan manfaat kepada umat, antum dapat pahalanya, karena antum yang menolong.

Ada yang menolong dengan hartanya; ada yang menolong dengan kekuatannya, mengangkatkan barang orang umpamanya; ada yang menolong dengan lisannya; ada yang menolong dengan kedudukan jabatan sosial dia di masyarakat, dia menolong dengan itu.

Ada orang enggak punya pekerjaan, lalu kita bantu untuk masukkan dia ke sebuah perusahaan tanpa minta uang. Karena semua sekarang ini, subhanallah, urusannya fulus, calo-calo. Mereka kadang kala bukan malah menolong, malah menyembelih orang yang minta tolong sama dia. Seharusnya dia berusaha untuk menolong. Okelah dapat keuntungan sedikit, yang penting ana bisa menolong orang tersebut.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.