F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-181: Bab 13 Penjelasan tentang Banyaknya Jalan Menuju Kebaikan ~ Pembahasan Hadits Jabir

Audio ke-181: Bab 13 Penjelasan tentang Banyaknya Jalan Menuju Kebaikan ~ Pembahasan Hadits Jabir
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-414
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SENIN, 01 Rabi’ul Akhir 1445 H / 16 Oktober 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-181: Bab 13 Penjelasan tentang Banyaknya Jalan Menuju Kebaikan ~ Pembahasan Hadits Jabir Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Na'am, dilanjutkan.

أَرَادَ بَنُو سَلِمَةَ أَنْ يَنْتَقِلُوا قُرْبَ الْمَسْجِدِ ، فَبَلَغَ ذَلِكَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ لَهُمْ : ❲ إِنَّهُ قَدْ بَلَغَنِي أَنَّكُمْ تُرِيدُونَ أَنْ تَنْتَقِلُوا قُرْبَ الْمَسْجِدِ؟ ❳ ، فَقَالُوا : نَعَمْ يَا رَسُولَ اللهِ! قَدْ أَرَدْنَا ذَلِكَ ، فَقَالَ : ❲ بَنِي سَلِمَةَ! دِيَارَكُمْ تُكْتَبْ آثَارُكُمْ ، دِيَارَكُمْ تُكْتَبْ آثَارُكُمْ ❳ . ❊ رَوَاهُ مُسْلِمٌ [٦٦٥].

وَفِي رِوَايَةٍ : ❲ إِنَّ بِكُلِّ خَطْوَةٍ دَرَجَةً ❳
Dari Jabir radhiyallahu 'anhu, ia bercerita, "Orang-orang Bani Salimah ingin pintu rumah mereka agar berada di dekat masjid. Lalu hal itu terdengar oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, maka Beliau pun bertanya, 'Aku mendengar kalian ingin pindah ke tempat yang dekat dengan masjid?' Mereka menjawab, 'Benar, wahai Rasulullah, kami memang ingin melakukannya.' Lantas Beliau bersabda, 'Wahai Bani Salimah, tetaplah di tempat tinggal kalian yang sekarang, karena jejak-jejak langkah kaki kalian akan dicatat'."
(HR. Muslim)
Dalam riwayat yang lain disebutkan, "Sesungguhnya setiap langkah kaki akan mengangkat kedudukan kalian sebanyak satu derajat."
Subhanallah, Jama’ah. Kita lihat nih, adabnya Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam. Ini kita, ketika dapat informasi, jangan serta merta kita ikut menyebarkannya. Ini penting, apalagi di masa broadcast -an ya, kita dapat broadcast, kita langsung broadcast lagi.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam dapat berita Bani Salimah mau pindah, apakah Beliau langsung mengatakan, Hei, kalian jangan pindah! ..? Tidak. Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam mengatakan,

❲ إِنَّهُ قَدْ بَلَغَنِي أَنَّكُمْ تُرِيدُونَ أَنْ تَنْتَقِلُوا قُرْبَ الْمَسْجِدِ؟ ❳
"Ada berita yang sampai kepadaku, katanya kalian mau pindah dekat masjid?"
Seperti itu Nabi bertanya. Bani Salimah ini rumahnya di dekat masjid Quba sana, cukup jauh dari masjid Nabawi kalau jalan kaki. Dia ingin pindah. Satu kampung itu mau pindah di dekat masjid Nabawi. Supaya apa? Ya tentunya, kita selalu berpikir, Enak kalau rumah dekat masjid; enak kalau rumah dekat Ustadz. Masjid Nabawi tentunya akan banyak kajian-kajian yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Ini menunjukkan semangat orang-orang Bani Salimah untuk belajar dan untuk mendekat ke masjid. Tapi ternyata sama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam enggak boleh, bahkan Beliau mengatakan,

❲ بَنِي سَلِمَةَ، دِيَارَكُمْ ❳
"Bani Salimah! Tetap kalian di rumah kalian, akan dicatat itu langkah-langkah kalian. Tetap kalian di rumah kalian."
Ini ada fadhilah yang besar buat orang yang rumahnya jauh dari masjid. Jadi kalau ada yang rumahnya jauh dari masjid, ini kesempatan untuk mendapatkan pahala yang besar, karena langkah-langkah dia akan semakin banyak daripada orang yang bertetanggaan dengan masjid. Dan ini juga pelajaran buat yang rumahnya jauh dari masjid. Jangan malas ke masjid. Ooo Ustadz, masjidnya jauh. Na’am. Langkah antum akan dicatat. Sehingga seorang muslim ketika tahu dengan keutamaan shalat berjama’ah ke masjid, maka dia akan terus berusaha walaupun masjid jauh dari rumahnya.

Dan akhirnya Bani Salimah enggak jadi pindah. Ada apa pindah!? Sudah ditulis langkah kita. Awalnya kan mereka berpikir, Ya Allah.. jauh masjid, capek kalau berangkat ke masjid. Tapi dengan cara atau dengan adanya imbalan dengan setiap langkah, bahkan dikatakan,

❲ إِنَّ بِكُلِّ خَطْوَةٍ دَرَجَةً ❳
"Dengan setiap langkah derajatmu diangkat."
Maka Bani Salimah, Sudah, enggak perlu dekat masjid sekarang. Bahkan kita menjadi orang yang paling banyak pahalanya.. (kalau mereka paling jauh).

Kemudian di hadits yang selanjutnya, ternyata ada perbedaan pahala yang jalan kaki dengan yang naik kendaraan. Maka usahakan kita kalau ke masjid jalan kaki. Agak jauh Ustadz.. Ya diusahakan, jangan sampai semuanya naik kendaraan. Kalau panas, oke naik kendaraan. Kalau gerimis, oke naik kendaraan. Kalau jalannya becek, oke naik kendaraan. Tapi kalau, masyaaAllah, hawanya bagus, jalannya enak, naik kendaraan..?!

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.