F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-151: Bab 11 Bersungguh-sungguh ~ Pembahasan Hadits Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu

Audio ke-151: Bab 11 Bersungguh-sungguh ~ Pembahasan Hadits Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-384
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SENIN 18 Shafar 1445 H 04 September 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-151: Bab 11 Bersungguh-sungguh ~ Pembahasan Hadits Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ


Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ لَيْلَةً ، فَأَطَالَ الْقِيَامَ ؛ حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرٍ سُوْءٍ ، قِيْلَ : وَمَا هَمَمْتَ بِهِ ؟ قَالَ : هَمَمْتُ أَنْ أَجْلِسَ وَأَدَعَهُ. ❊ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ [ الْبُخَارِيُّ(١١٣٥)، وَمُسْلِمٌ (٧٧٣)].
Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu 'anhu, ia menceritakan, "Aku mengerjakan shalat bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam pada suatu malam. Lalu Beliau memperlama berdiri sehingga aku berkeinginan melakukan suatu keburukan." Kemudian ditanyakan, "Apa yang ingin kamu lakukan?" Maka dia (Ibnu Mas’ud) berkata, "Aku ingin duduk dan meninggalkan Beliau shalat sendirian."(Hadits Muttafaqun 'alaih)
Subhanallah, Jamaah.
Nih, Ibnu Mas’ud ini sahabat yang betisnya lebih berat daripada Jabal Uhud. Beliau shalat bersama Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam - فَأَطَالَ الْقِيَامَ - di mana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam memanjangkan qiyamul lail. Surat-surat yang dibaca panjang dan bukan hanya dibaca biasa, tapi Beliau hadir dalam bacaan tersebut.

Apabila melalui ayat-ayat tentang rahmat, Beliau minta rahmat kepada Allah; tentang tasbih, Beliau bertasbih; tentang azab, Beliau berlindung dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Makanya Ibnu Mas’ud sampai berkeinginan melakukan suatu keburukan. Ditanya, engkau kepingin apa?

قِيْلَ : وَمَا هَمَمْتَ بهِ ؟
"Aku ingin duduk dan meninggalkan Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam."
Sejatinya, kalau kita lihat hadits-hadits Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam, ketika seorang menjadi imam hendaklah memperhatikan makmumnya. Mungkin sebagian berpendapat, "Gimana, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam kan menyuruh baca { سَبِّحِ ٱسۡمَ رَبِّكَ ٱلۡأَعۡلَى }. Kok Beliau sendiri membaca Al-Baqarah?" Sampai enam juz yang dibaca Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam.

Para Ulama menjelaskan, ketika shalat sunah maka sejatinya seorang itu bebas mau ikut atau tidak. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam ketika shalat sunah di malam hari, sejatinya Beliau mau shalat buat diri sendiri, tapi datanglah Hudzaifah Ibnu Yaman, datanglah Abdullah bin Mas’ud, shalat di samping Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam.

Maka itu tidak menghalangi seorang untuk membaca surat-surat yang panjang dengan penuh kekhusyukan. Bukan mengikuti makmum, karena shalatnya shalat sunah. Adapun ketika jadi imam shalat wajib, Mu'adz bin Jabal dimarahi sama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam ketika dia membaca Al-Baqarah. Tapi diperintahkan kepada Mu'adz untuk membaca:

(Surat Al-A'la) { سَبِّحِ ٱسۡمَ رَبِّكَ ٱلۡأَعۡلَى } ;

{ هَلْ أَتَىٰكَ حَدِيثُ ٱلْغَٰشِيَةِ } (Surat Al-Ghasyiyah)

Yakni surat-surat yang tidak pendek dan tidak panjang.

Baarakallahu fiikum.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.