F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-133: Bab 10 Bersegera Mengerjakan Kebaikan ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu

Audio ke-133: Bab 10 Bersegera Mengerjakan Kebaikan ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-366
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU, 22 Muharram 1445 H / 09 Agustus 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-133: Bab 10 Bersegera Mengerjakan Kebaikan ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ


Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Na'am. Kita lanjutkan hadits yang selanjutnya.

عَنْ أَنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ سَيْفًا يَوْمَ أُحُدٍ ، فَقَالَ : ❲ مَنْ يَأْخُذُ مِنِّي هَذَا؟❳ ، فَبَسَطُوا أَيْدِيَهُمْ ، كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْهُمْ يَقُولُ : أَنَا أَنَا ، قَالَ : ❲ فَمَنْ يَأْخُذُهُ بِحَقِّهِ؟ ❳ ، قَالَ فَأَحْجَمَ الْقَوْمُ ، فَقَالَ أَبُو دُجَانَةَ : أَنَا آخُذُهُ بِحَقِّهِ ، قَالَ فَأَخَذَهُ ، فَفَلَقَ بِهِ هَامَ الْمُشْرِكِينَ . ❊ رَوَاهُ مُسْلِمٌ [٢٤٧٠].

Dari Anas radhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengambil sebilah pedang pada perang Uhud seraya bertanya, "Siapakah yang bersedia menerima pedang ini dariku?" Para sahabat segera mengulurkan tangannya, lantas masing-masing dari mereka berseru, "Aku bersedia.. aku bersedia!" Dan beliau kembali bertanya, "Siapakah yang bersedia mengambil pedang ini dengan menunaikan haknya?" Maka saat mendengar syarat tersebut, semua orang berdiri di tempatnya terdiam. Tidak lama berselang, Abu Dujanah radhiyallahu 'anhu berseru, "Aku yang akan mengambilnya dengan menunaikan haknya." Abu Dujanah segera mengambilnya (pedang tersebut), lalu menggunakannya untuk membelah (memenggal) kepala orang-orang musyrik.(HR. Muslim)
Kita lihat bagaimana, Subhanallah, kalau kita lihat orang berlomba, berlomba memanah, berlomba berlari, atau perbanyak lagi lomba-lomba lain yang mereka lakukan untuk bersegera mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam pada waktu perang, Beliau mengeluarkan sebilah pedang pada waktu hari Uhud. Beliau mengatakan,

❲ مَنْ يَأْخُذُ هَذَا مِنِّي؟ ❳
"Siapa yang mau pakai pedangku ini?"
Semua sahabat pada angkat tangan, mengatakan: أَنَا أَنَا (aku..aku!). Mereka bersegera ingin mendapatkan kebaikan.

Lalu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan,

❲ بِحَقِّهِ ❳
"Boleh ambil tapi dengan haknya."
Baru ketika itu orang-orang pada menurunkan tangannya. Mereka tahu diri. Abu Dujana bertanya,

وَمَا حَقُّهُ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟
"Apa haknya pedang ini, wahai Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam?"

❲ أَنْ تَضْرِبَ بِهِ أَعْنَاقَ الْكُفَّارِ حَتَّى انْحَنَى ❳
"Kau pukul kepala orang-orang kafir dengan pedang ini sampai melengkung ini pedang."
Diambillah oleh Abu Dujana. Perang Uhud tadi Abu Dujana disebutkan mengenakan slayer merah, dia berjalan kemudian memerangi orang orang musyrikin. Dan benar-benar hak itu pedang diberikan oleh Abu Dujana kepada pedang Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Dan kita lihat bagaimana sahabat bersungguh-sungguh; bersegera; rebutan, mereka. Sekarang kalau kita lihat di masjid-masjid, shaf yang penuh yang di akhir, shaf yang depan sepi. Khutbah Jum'at seperti itu, yang depan sepi, yang di tiang-tiang pada penuh.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.