F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-98: Bab 06 Takwa ~ Mukadimah Bag 04

Audio ke-98: Bab 06 Takwa ~ Mukadimah Bag 04
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-326
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU 18 Dzulqa'dah 1444 H 07 Juni 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-98: Bab 06 Takwa ~ Mukadimah Bag 04


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Ahibbaty fillah.
Kita berjumpa kembali dalam pembahasan kitab Riyadhus Shalihin (Tamannya orang-orang yang baik, orang-orang yang saleh).

Kita telah sampai kepada Bab Takwa.
Na’am, ayat yang selanjutnya, akhir ayat ke-2 dari surat Ath-Thalaq dan ayat ke-3.

{ فَإِذَا بَلَغۡنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمۡسِكُوهُنَّ بِمَعۡرُوفٍ أَوۡ فَارِقُوهُنَّ بِمَعۡرُوفٍ وَأَشۡهِدُواْ ذَوَيۡ عَدۡلٍ مِّنكُمۡ وَأَقِيمُواْ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِۚ ذَٰلِكُمۡ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤۡمِنُ بِٱللهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجًا ۞ وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓۚ إِنَّ ٱللهَ بَٰلِغُ أَمۡرِهِۦۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللهُ لِكُلِّ شَيۡءٖ قَدۡرًا ۞ }
"Mereka telah mendekati akhir dari masa ‘iddahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik, dan lepaskanlah mereka dengan baik. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusannya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu."(QS. Ath-Thalaq: 2-3)
Subhanallah, Jama’ah.
Ini ayat ada di surat Ath-Thalaq, berkaitan dengan takwa, berkaitan dengan perceraian. Ketika seorang bercerai, akan ada banyak masalah yang dihadapi dia. Maka hendaklah perceraian itu dilakukan dengan cara yang baik, dengan cara yang benar. Dan itu nasihat dari Allah.

{ وَمَن يَتَّقِ ٱللهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجًا }

Allah berbicara tentang buah dari ketakwaan.
"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan jadikan buat dia solusi (jalan keluar)."
Sering kali kita mendapati permasalahan dalam kehidupan ini. Ada permasalahan yang mungkin diketahui orang banyak. Tapi ada permasalahan yang hanya kita yang tahu. Kita malu mau berbicara tentang masalah rumah tangga kita. Maka ketika engkau menghadapi masalah, bertakwa kepada Allah. Laksanakan perintah-Nya, jauhi larangan-Nya.

Orang-orang yang memiliki masalah di rumah tangganya, hendaklah dia memperbaiki hubungan dia dengan Allah Jalla Jalaluh. Karena Allah janji. Allah berjanji dan Allah tidak pernah ingkar janji.

{ وَمَن يَتَّقِ ٱللهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجًا ۞ وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُۚ }
Rezeki, Allah akan kasih dari arah yang tidak disangka-sangka. Ini buah dari ketakwaan.

Ketika ada orang mengatakan, Ustadz, ana udah bertakwa Ustadz, tapi kok kayanya rezekinya engga datang-datang.
Berarti engkau belum bertakwa.
Ucapan seorang mengklaim dirinya sudah bertakwa, bentuk dia belum bertakwa. Karena Allah melarang kita mengklaim atau mendakwahkan kalau kita orang yang sudah suci.

Allah mengatakan,

{ فَلَا تُزَكُّوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ۖ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ ٱتَّقَىٰٓ }
Kata Allah, "Kalian jangan sok suci. Dia itu lebih tahu dengan siapa yang bertakwa."(QS. An-Najm: 32)
{ فَلَا تُزَكُّوٓا۟ أَنفُسَكُمْ }
"Kalian jangan sok suci, mengatakan diri kalian sudah bersih."
Dia itu Allah, lebih tahu dengan siapa yang lebih bertakwa.

Maka tatkala jalan keluar tidak datang, tatkala rezeki belum dimudahkan, maka ingat, engkau belum bertakwa. Orang yang bertakwa akan sampai tingkatan dia ridha dengan takdir Allah.

{ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓۚ }
Di antara bentuk takwa adalah tawakal. Kita akan bahas setelah Bab Takwa, Bab Tawakal ini. Dan yakin, Allah akan cukupi antum bertawakal.
{ إِنَّ ٱللهَ بَٰلِغُ أَمۡرِهِۦۚ }
"Allah itu akan menyampaikan kepada urusannya"
Tinggal kita mau enggak bersabar menanti. Allah telah menjadikan segala sesuatu ada ketentuannya. Kita ini kalau tahu aturan, aturannya yang bekerja sampai tanggal 20, masuk tepat waktu, sampai 20 Ramadhan, dapat THR. Mungkinkah antum sampai tanggal 20 enggak dapat THR? Enggak mungkin. Itu untuk urusan dunia aja, apalagi urusan sama Allah Jalla Jalaluh.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.