F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-32: Bab 02 Taubat ~ Pembahasan Hadits dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik

Audio ke-32: Bab 02 Taubat ~ Pembahasan Hadits dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhum

📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-232
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SELASA 17 Jumadil Akhir 1444 H / 10 Januari 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-32: Bab 02 Taubat ~ Pembahasan Hadits dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhum

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Kita lanjutkan kajian kita.

❲ لَوْ أَنَّ لِابْنِ آدَمَ وَادِيًا مِنْ ذَهَبٍ، أَحَبَّ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَادِيَانِ ، وَلَنْ يَمْلَأَ فَاهُ إِلَّا التُّرَابُ، وَيَتُوبُ اللهُ عَلَى مَنْ تَابَ ❳.

"Seandainya anak cucu Adam memiliki satu lembah emas, niscaya ia ingin memiliki dua lembah (emas), dan tidaklah akan memenuhi mulutnya kecuali dengan tanah dan Allâh akan menerima taubat siapa saja yang bertaubat."
(Muttafaqun ‘alaih, HR. Al-Bukhâri no. 6439 dan Muslim no. 1048)
"Dan tidak akan memenuhi mulutnya kecuali tanah," artinya dia akan tetap ambisi untuk mengumpulkan harta. Sampai kapan? Ya sampai mati. Itu manusia.

Jadi ambisi mengumpulkan harta ini di diri anak manusia tidak akan berhenti. Cinta kepada harta itu sesuatu yang wajar, tapi ambisi untuk mengumpulkannya dan mengumpulkannya kemudian lupa dengan kewajiban dia, maka itu yang tercela.

Terkadang kita sampai kepada seperti yang Allah firmankan:

{ وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ ، ۨالَّذِيْ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗۙ }

"Celaka buat orang-orang yang suka mengumpat, suka mencela. Yang mereka kerjanya mengumpulkan harta, menghitungnya."
{ يَحْسَبُ اَنَّ مَالَهٗٓ اَخْلَدَهٗۚ }
"Dia mengira bahwasanya harta itu akan membuat dia kekal dan abadi."
Ya itu, sampai akhirnya dia mati. Kemudian di akhir hadits Nabi mengatakan,

❲وَيَتُوبُ اللهُ علَى مَنْ تَابَ ❳
(Dan Allah akan memberikan taubat kepada orang yang bertaubat.)
Apa hubungannya dengan masalah cinta sama harta?

Para ulama menjelaskan bahwa biasanya ambisi mengumpulkan harta membuat orang lupa dengan halal dan haram, dan itu yang kita lihat.

Orang kalau sudah ngumpulin harta, sudah kelewatan. Dari pagi sampai sore, shalat Dzuhur telat, Ashar keluar waktu. Kalau kita melihat sebagian orang berangkat ke pasar sebelum Subuh, enggak shalat. Di pasar dia melakukan tindakan yang dibenci Allah; dia tidak jujur, menipu orang. Itu kondisi yang ada ketika orang mengumpulkan harta. Maka di akhir hadits ini Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam menjelaskan,

❲وَيَتُوبُ اللهُ علَى مَنْ تَابَ ❳
"Dan Allah Jalla Jalaluh akan memberikan taubat kepada orang yang bertaubat."
Kita dilarang putus asa walaupun sebanyak apa dosa yang kita lakukan. Kalau kita kembali kepada Allah Jalla Jalaluh, maka niscaya Allah akan menerima taubat hamba.

Allah berfirman di surah Al-Furqan ayat 68-70:

{ وَالَّذِيْنَ لَا يَدْعُوْنَ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ وَلَا يَقْتُلُوْنَ النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُوْنَۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ يَلْقَ اَثَامًاۙ (٦٨) يُّضٰعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَيَخْلُدْ فِيْهٖ مُهَانًاۙ (٦٩) اِلَّا مَنْ تَابَ وَاٰمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُو۟لَٰٓئِكَ يُبَدِّلُ اللّٰهُ سَيِّاٰتِهِمْ حَسَنٰتٍۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا (.٧) }
"Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan yang lain dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang benar, dan tidak berzina; barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapatkan hukuman yang berat. (Yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab tersebut dalam keadaan terhina. Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan kebajikan, maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Furqan : 68-70)
Kita lihat dalam ayat ini, di surat Al-Furqan ayat 68-70, Allah menceritakan tentang sifat 'Ibadurrahman. Disebutkan bahwasanya di antara sifat 'Ibadurrahman: mereka tidak memohon kepada selain Allah, mereka tidak membunuh jiwa yang dilarang untuk dibunuh, mereka tidak berzina.

Siapa yang melakukan tiga dosa ini, maka dia akan berhak menghadapi Allah dengan banyak dosa yang dia lakukan. Dan dia akan mendapatkan azab yang berlipat ganda, kekal di dalam neraka dalam kondisi terhina. Kecuali siapa? Kecuali pelaku-pelaku dosa yang bertaubat.

اِلَّا مَنْ تَابَ
Dia bertaubat,
وَاٰمَنَ
dia beriman setelah dia melakukan kesyirikan, umpamanya. Kemudian dia beriman kepada Allah,
وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا
dia lanjutkan amal saleh, terus berbuat amal kebajikan. Maka orang-orang tersebut
يُبَدِّلُ اللّٰهُ سَيِّاٰتِهِمْ حَسَنٰتٍۗ
akan diubah dosa-dosa mereka dengan kebaikan.
وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
Dan kita lihat, Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Pengampun.
Apa pun dosa yang kita lakukan, sebesar apa pun kesalahan kita, syaratnya kita taubat kembali sama Allah, selesai semuanya. Kita punya dosa kepada manusia, kita tahu bagaimana cara menebusnya. Kita punya dosa kepada Allah Jalla Jalaluh, maka kita juga tahu cara bagaimana menebusnya.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.