F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Halaqah 6 ~ Penjelasan Kitab Nawaqidul Islam Pembatal Keislaman Pertama Bagian 03

Halaqah 6 ~ Penjelasan Kitab Nawaqidul Islam Pertama Bagian 03
🆔 Group WA HSI AbdullahRoy
🌐 edu.hsi.id
🔊 Halaqah 6 ~ Penjelasan Kitab Nawaqidul Islam Pertama Bagian 03
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Halaqah 6 ~ Penjelasan Kitab Nawaqidul Islam Pertama Bagian 03


بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Halaqah yang ke enam dari Silsilah Ilmiyyah Pembahasan Kitab Nawaqidul Islam yang ditulis oleh Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah.

Berkata Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab,

وَمِنْهُ الذَّبْحُ لِغَيْرِاللهِ
“Dan diantara contoh kesyirikan adalah menyembelih untuk selain Allah.”
Menyembelih untuk selain Allah adalah syirik, karena menyembelih adalah ibadah.

Allah berfirman,

(قُلۡ إِنَّ صَلَاتِی وَنُسُكِی وَمَحۡیَایَ وَمَمَاتِی لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِینَ ۝ لَا شَرِیكَ لَهُۥۖ وَبِذَ لِكَ أُمِرۡتُ وَأَنَا۠ أَوَّلُ ٱلۡمُسۡلِمِینَ)
“Katakanlah, sesungguhnya sholatku, sembelihanku, hidupku, dan matiku, adalah untuk Allah, Rabbul ‘Alamin. Tidak ada sekutu baginya. Dan demikianlah aku diperintahkan, dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri.”[Surat Al-An’am 162 – 163]
Allah menyebutkan bahwa menyembelih adalah untuk Allah. Kata لِلَّهِ artinya adalah hanya untuk Allah. Tidak boleh diserahkan kepada selain Allah. Orang yang menyerahkan sembelihan kepada selain Allah maka dia telah menyekutukan Allah di dalam ibadah.

Allah berfirman dalam ayat yang lain,
(فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ)
“Hendaklah engkau sholat untuk Rabb-mu dan hendaklah engkau menyembelih untuk Rabb-mu.”[Surat Al-Kautsar 2]
Allah memerintahkan menyembelih hanya untuk Allah. Dan telah berlalu bahwa perintah menunjukkan bahwa menyembelih adalah amalan yang dicintai Allah. Dan kalau dicintai maka dia adalah ibadah, sehingga tidak boleh diserahkan kepada selain Allah. Barangsiapa yang menyembelih untuk selain Allah maka dia telah terjerumus ke dalam syirik yang besar. Dan Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَعنَ اللَّهُ مَن ذبحَ لغيرِاللَّهِ
“Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah.” [HR. Muslim]
Di sini Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdo’a kepada Allah supaya orang yang menyembelih untuk selain Allah mendapatkan laknat dari Allah. Dan yang dimaksud dengan laknat adalah dijauhkan dari rahmat Allah. Dan yang dimaksud dengan menyembelih untuk selain Allah adalah menyembelih seekor hewan dengan tujuan bertaqarrub atau mendekatkan diri kepada selain Allah.

Syeikh mengatakan,

كَمَنْ يَذْبَحُ لِلْجِنِّ
“Seperti orang yang menyembelih untuk jin.”
Jin di sini, terkadang oleh manusia diberi gelar-gelar tertentu, seperti ‘penguasa laut selatan’, ‘penguasa gunung A’, ‘yang mbaureksa sungai B’, dll. Di sebagian daerah penduduknya menyembelih seekor hewan kemudian kepala hewan tersebut ditanam dan tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada yang menunggu laut atau sungai atau gunung tersebut, supaya penunggu-penunggu tersebut tidak memudhoroti orang-orang yang tinggal di sekitarnya.

Kemudian beliau berkata,

أَوْ لِلْقَبْر
“Atau menyembelih untuk kuburan.”
Maksudnya untuk orang yang dikuburkan di tempat tersebut, baik yang dikuburkan adalah seorang Nabi, atau wali, atau yang lain.

Barangsiapa yang menyembelih di samping kuburan seseorang dengan tujuan mendekatkan diri kepada orang tersebut, maka dia telah terjerumus ke dalam kesyirikan yang besar.

Apa yang beliau sebutkan hanyalah sekedar contoh. Di sana banyak contoh-contoh kesyirikan yang tidak beliau sebutkan di dalam kitab ini.

Dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

بِاللَّهِ التَّوْفِيْقِ وَ الْهِدَايَةِ
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ ووَبَرَكَاتُهُ

Saudaramu,
‘Abdullāh Roy
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.