F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-08: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 08 - Selesai

Audio ke-08: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 08 - Selesai
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-526
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU 09 Ramadhan 1445 H / 20 Maret 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Muhammad Romelan, M.A. حفظه الله تعالى
Audio https://drive.google.com/file/d/1Iq-2pSwzhKAODJ6aRAcxUkRtfxIXh_-Y/view?usp=sharing

💽 Audio ke-08: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 08 (Selesai)


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ ِللهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ .

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Baginda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Amma ba'du.

Kaum muslimin, terkhusus anggota GiS (Grup Islam Sunnah) yang semoga dirahmati Allah Subhanahu wa Ta'ala. InsyaaAllah kita akan bersama-sama mempelajari berbagai hal terkait dengan Ramadhan.

Tema kajian kita yaitu "Muslimah di Bulan Ramadhan."

Akhawaty fillah rahimani wa rahimakumullah.

Terkait dengan menjaga waktu di bulan Ramadhan.

Akhawaty fillah rahimakumullah.

Ramadhan itu hanya 29 hari, paling banyaknya Ramadhan itu hanya 30 hari. Artinya, itu waktu yang sangat cepat kita lewati. Sehari, dua hari, tidak terasa sudah sepuluh hari, tidak terasa sudah 20 hari, tidak terasa sudah di sepuluh hari terakhir dari Ramadhan. 30 hari akan berlalu dengan cepat.

Maka seorang muslimah hendaknya menjaga waktu, sangat menjaga waktu. Semua perkara yang akan menghabiskan waktu, maka dikurangi, atau ditinggalkan yang bisa ditinggalkan. Contohnya, HP misalnya. Di antara yang banyak membuang waktu adalah HP. Maka jadikan khususnya di bulan Ramadhan, waktu kita bersama dengan HP kita kurangi.

Mungkin kita niatkan, HP saya tinggalkan, kecuali waktu pagi sebentar (misalnya), 15 menit (misalnya) atau setengah jam paling lama. Malam hari atau sore hari paling lama setengah jam. Selain dari itu, sudah, saya tidak akan pegang HP (misalnya) kecuali ada panggilan, kecuali mendesak.

Kenapa? Karena bisa jadi Ramadhan kita bukan Ramadhan ibadah, tapi Ramadhan sebagai bulan HP. Artinya, banyak waktu yang kosong ternyata waktu-waktu hanya untuk bersama dengan HP. Dan ini tentu banyak melewatkan kebaikan.

Coba kalau HP tadi diganti dengan Al-Qur'an, diganti dengan mushaf. Yang kita pegang terus adalah Al-Qur'an, yang selalu kita pegang adalah mushaf. Tentu ini banyak sekali kemuliaan yang kita raih.

Maka bulan Ramadhan terkait dengan waktu yang kita miliki, maka ini waktu yang sangat cepat berlalu. 30 hari itu sangat cepat kita lewati. Maka dari awal kita sudah bersiap, bulan Ramadhan menjadi bulan ibadah. Siangnya, malamnya, demikian (juga) setiap waktunya, setiap saatnya, detik dan jamnya, kita lewati semuanya penuh dengan kebaikan, penuh dengan pahala.

Maka satu yang sangat menghabiskan waktu kita adalah HP. Demikian (juga) medsos; ada di internet, ada di televisi. Mudah-mudahan televisi kalaupun ada, itu khusus yang baik-baik. Mungkin siaran-siaran kajian sunnah ataupun yang lain. Kalau tidak, maka sungguh waktu kita banyak terbuang. Wal 'iyadzu billah.

Maka semua perkara yang menghabiskan waktu, jelas kita jaga. Seperti jalan-jalan, kemudian masuk di mall, masuk di pasar, belanja sana sini, ini kita kurangi. Syukur bisa kita tinggalkan. Yang bisa kita putus, kita tinggalkan. Karena kita tahu, betapa pentingnya waktu kita di bulan Ramadhan.

Demikian, akhawaty fillah rahimani wa rahimakumullah.

Mudah-mudahan yang sedikit ini, bagaimana seharusnya muslimah di bulan Ramadhan memberikan bekal untuk kita semuanya. Khususnya kita ada di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan. Itu puncak dari bulan Ramadhan. Hendaknya kita gunakan sebaik-baiknya. Tidak ada waktu kecuali beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita pelajari bermanfaat untuk kita serta bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di bulan Ramadhan yang mulia ini. Dan semoga Allah menerima amal ibadah kita serta mengampuni semua dosa kita. Sampai jumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.