F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-03: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 03

Audio ke-03: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 03
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-521
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU, 02 Ramadhan 1445 H / 13 Maret 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Muhammad Romelan, M.A. حفظه الله تعالى
Audio https://drive.google.com/file/d/1FfNvsS2BsATKd4AEfHXnHNCFBoVjUlOZ/view?usp=sharing

💽 Audio ke-03: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 03

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ ِللهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ .

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Baginda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Amma ba'du.

Kaum muslimin, terkhusus anggota GiS (Grup Islam Sunnah) yang semoga dirahmati Allah Subhanahu wa Ta'ala. InsyaaAllah kita akan bersama-sama mempelajari berbagai hal terkait dengan Ramadhan.

Tema kajian kita yaitu "Muslimah di Bulan Ramadhan."
Poin yang ketiga bagaimana muslimah di bulan Ramadhan,

C. Hendaknya seorang muslimah di bulan Ramadhan benar-benar mengetahui hukum-hukum terkait dengan puasa.

Artinya apa? Butuh untuk belajar. Ya, membaca, mendengarkan, menghadiri majelis ilmu, hingga kita tahu semua yang terkait dengan hukum-hukum terkait dengan puasa dan Ramadhan, khususnya untuk seorang muslimah.

Di antara hukum tersebut, bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah perkara yang fardhu atas setiap muslim dan muslimah yang sudah baligh, yang sudah dewasa, kecuali ketika berhalangan: datangnya haid dan nifas. Adapun selain dari waktu tersebut, maka sungguh puasa di bulan Ramadhan adalah perkara yang fardhu.

Akhawaty fillah rahimani wa rahimakumullah.

Untuk putri-putri kita yang bisa jadi mendekati waktu dewasa, demikian datangnya haid yang pertama, maka kita sebagai orang tua perhatian, sehingga ketika datang pertama, kita pun bisa membimbingnya, sehingga kewajiban tersebut, kewajiban yang segera, segera ditunaikan.

Sebagai seorang muslimah, tahu kapan berkewajiban, berkewajiban untuk menunaikan puasa setelah baligh. Dan tanda baligh adalah dengan datangnya haid atau sampainya umur 15 tahun, sempurnanya umur 15 tahun. Demikian (juga) di antaranya, mimpi basah atau tumbuh bulu kasar di sekitar kemaluan. Maka ini salah satu dari empat tanda untuk wanita. Sudah baligh, sudah berkewajiban untuk puasa di bulan Ramadhan.

Akhawaty fillah rahimani wa rahimakumullahu jami'an.

Di antara hukum terkait dengan puasa, wajibnya berniat di malam hari. Apakah itu sebelum tidur, ataukah ketika sahur (sebelum Subuh). Yang terpenting adalah sudah berniat sebelum masuknya waktu Subuh. Sebelum azan Subuh, hendaknya sudah berniat untuk puasa di bulan Ramadhan. Dan ini berlaku pada setiap malam atau setiap hari di bulan Ramadhan.

Adapun terkait dengan niat pertama di malam pertama dari bulan Ramadhan, seorang berniat berpuasa untuk satu bulan, apakah sudah mencukupi untuk setiap malamnya berniat, ataukah setiap malam harus berniat? Ini para ulama berbeda pendapat. Yang paling mudah buat kita semuanya, di awal Ramadhan, malam pertama dari bulan Ramadhan, kita sudah berniat untuk berpuasa untuk satu bulan. Kemudian di setiap malamnya kita ulang kembali niat tersebut. Maka demikian sudah pasti kita memiliki niat dari puasa yang fardhu.

Ini berbeda dengan puasa sunah. Puasa sunah boleh niat setelah Subuh, niat di pagi hari selama belum makan dan minum.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita pelajari bermanfaat untuk kita serta bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di bulan Ramadhan yang mulia ini. Dan semoga Allah menerima amal ibadah kita serta mengampuni semua dosa kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.