F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-01: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 01

Audio ke-01: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 01
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-519
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SENIN 30 Sya'ban 1445 H / 11 Maret 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Muhammad Romelan, M.A. حفظه الله تعالى
Audio https://drive.google.com/file/d/1C-P-rx6tnyRSnt894MgPzAJACnhVcy5t/view?usp=sharing

💽 Audio ke-01: Materi Tematik ~ Muslimah di Bulan Ramadhan Bag 01

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ ِللهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ .

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Baginda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Amma ba'du.

Kaum muslimin, terkhusus anggota GiS (Grup Islam Sunnah) yang semoga dirahmati Allah Subhanahu wa Ta'ala. InsyaaAllah kita akan bersama-sama mempelajari berbagai hal terkait dengan Ramadhan.

Tema kajian kita yaitu "Muslimah di Bulan Ramadhan," yaitu apa yang seharusnya muslimah tunaikan di bulan Ramadhan.

Akhawaty fillah rahimani wa rahimakumullah.
Poin yang pertama, terkait dengan seorang muslimah di bulan Ramadhan.

A. Hendaknya bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala atas nikmat bulan Ramadhan.

Di mana Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam mengingatkan kepada kita semuanya,

❲ إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَّنَةَ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ ❳
"Jika datang bulan Ramadhan, maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, demikian (juga) syaithan dibelenggu oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala."(Muttafaqun 'alaih)
Akhawaty fillah, saudari-saudari rahimakumullah.

Nikmat yang besar Allah berikan kepada kita tatkala kita bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan. Kita dapati banyak dari saudari-saudari kita yang mungkin sudah duluan dipanggil Allah, duluan menghadap kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Padahal mungkin perasaannya sama dengan kita. Bisa jadi masih punya perasaan panjang umur, masih merasa sehat, demikian (juga) masih akan banyak berjumpa dengan bulan Ramadhan. Tapi ternyata demikian, Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menuliskan takdirnya; siapa yang duluan kemudian menghadap kepada Allah.

Adapun kita semua, alhamdulillah, di satu sisi Allah berikan kita kenikmatan umur yang panjang hingga saat ini, insyaaAllah memasuki bulan Ramadhan. Nikmat yang besar Allah berikan kepada kita semuanya ketika kita berjumpa dengan bulan Ramadhan.

Sahabat Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu 'anhu, tatkala ia melihat tiga sahabat yang masuk di dalam surga; dua mati syahid di jalan Allah, sedangkan satu dipanjangkan umurnya satu tahun. Ternyata yang masuk di dalam surga duluan adalah yang dipanjangkan satu tahun.

Ketika bertanya kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, maka Rasulullah menjawab,

❲ مَاذَا تَعْجَبُوْنَ مِنْهُ؟ ❳
"Apa yang kalian herankan dari kejadian tersebut?"
Ya, di mana sahabat yang mulia tersebut masuk di dalam surga terlebih dahulu, karena sebab ia berjumpa dengan bulan Ramadhan. Dipanjangkan umurnya satu tahun, kemudian meninggal di atas tempat tidurnya. Dan ternyata amal di dalam satu tahun tersebut melebihi amalnya seorang yang mati syahid di jalan Allah.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
❲ أَلَيْسَ قَدْ صَامَ رَمَضَانَ وَصَلَّى كَذَا كَذَا مِنَ الرَكْعَةِ ؟! ❳

Kata Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, "Bukankah ia telah berpuasa di bulan Ramadhan, ia telah shalat sekian-sekian rakaat?" (Maksudnya adalah di dalam satu tahun).

Akhawaty fillah rahimakumullahu.

Maka kenikmatan yang Allah berikan kepada seorang hamba, di antara nikmat besar adalah berjumpa dengan bulan Ramadhan. Kita bisa menunaikan shalat lima waktu, demikian (juga) shalat-shalat sunah. Maka hendaknya kita bersyukur kepada Allah atas nikmat berjumpanya kita semuanya dengan bulan Ramadhan. Nikmat di mana Allah berikan kita kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala di bulan Ramadhan.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

❲ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ❳

"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dalam keadaan iman dan mengharapkan pahala di sisi Allah, maka diampuni dosa-dosa yang telah lalu."(HR. Bukhari Muslim)
❲ مَن قَامَ رَمَضَانَ ❳

Demikian (juga) hadits yang lain.
"Barang siapa yang shalat tarawih di bulan Ramadhan dalam keadaan iman dan mengharapkan pahala di sisi Allah,"

❲ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ❳
"maka dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala."
Akhawaty fillah, saudari-saudari rahimani wa rahimakumullah.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan perkara yang fardhu, bahkan termasuk dalam rukun Islam. Artinya apa? Ini amalan yang paling agung, amalan yang paling mulia, karena rukun Islam adalah ibadah yang paling besar di dalam Islam. Dua kalimat syahadat, shalat, zakat, kemudian puasa. Maka ini nikmat yang paling besar di dalam kehidupan kita. Oleh karenanya, berjumpa dengan bulan Ramadhan khususnya berpuasa di bulan Ramadhan, maka ini ibadah yang amat besar.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman di dalam hadits Qudsi,

❲ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إلَّا الصِّيَامَ ❳
"Amalan anak Adam semuanya untuknya, ❲ إلَّا الصِّيَامَ ❳ kecuali puasa."
❲ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ ❳
"Kecuali puasa. Sesungguhnya puasa untuk-Ku dan Aku yang membalas langsung puasa tersebut."(Diriwayatkan oleh Bukhari 1761 dan Muslim 1946)
Al-Imam Mujahid mengatakan, kalau amal ibadah yang lain itu dilipatkan sepuluh kali lipat sampai 700 kali lipat, puasa lebih dari itu. Kata beliau, pahala dari ibadah-ibadah yang lain itu ditakar, diukur. Adapun puasa, maka ia diambilkan oleh Allah dengan balasan yang sangat banyak tanpa batas.

Maka kita berjumpa dengan puasa di bulan Ramadhan, kita berhadapan dengan ibadah yang paling besar di bulan Ramadhan, yaitu berpuasa di bulan Ramadhan. Salah satu ibadah yang terbesar di bulan Ramadhan adalah menyempurnakan puasa fardhu kita, puasa wajib kita di bulan Ramadhan.

Akhawaty fillah rahimani wa rahimakumullah.

Hadits banyak yang menyebutkan tentang keutamaan dari bulan Ramadhan. Yang kita pelajari bersama, perkara yang terpenting yang kita pelajari bersama, pada poin yang pertama, agar kita senantiasa bersyukur dengan kenikmatan yang Allah berikan pada kita. Khususnya adalah nikmat berjumpa dengan bulan Ramadhan, berjumpa dengan puasa di bulan Ramadhan.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita pelajari bermanfaat untuk kita serta bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di bulan Ramadhan yang mulia ini. Dan semoga Allah menerima amal ibadah kita serta mengampuni semua dosa kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.