F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-02: Materi Tematik ~ Ramadhan Bulan Ibadah Bag 02

Audio ke-02: Materi Tematik ~ Ramadhan Bulan Ibadah Bag 02
📖 Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-515
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SELASA, 24 Sya'ban 1445 H / 05 Maret 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Anas Burhanuddin, M.A. حفظه الله تعالى
Audio https://drive.google.com/file/d/15W6iHYq9NlS9V8TBnb-a6WdGzG5OY2Zp/view?usp=sharing

💽 Audio ke-02: Materi Tematik ~ Ramadhan Bulan Ibadah Bag 02

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَالَاهُ . أمّا بَعْدُ

Kaum muslimin, khususnya para anggota GiS (Grup Islam Sunnah) yang semoga dirahmati Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang istimewa bagi setiap muslim. Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam melakukan persiapan khusus untuk menyambut bulan yang mulia ini.

Maka seiring mendekatnya bulan Ramadhan, kita juga perlu menyiapkan diri. Di antaranya dengan mempelajari beberapa pembahasan yang relevan dan terkait dengan musim ibadah yang agung ini. Maka dalam kesempatan ini, kita akan belajar bersama mempelajari beberapa pembahasan seputar Ramadhan.

Barakallahu fiikum.

Bulan Ramadhan ini sudah diketahui oleh semua muslim, bahwasanya ada banyak ibadah yang disyariatkan dalam bulan ini.

Saya menyebutkan beberapa amalan utama bulan Ramadhan. Yang saya maksudkan dengan amalan utama adalah amalan-amalan yang disyariatkan dengan dalil khusus. Ini untuk murajaah, untuk muzakarah. Kita mengingat lagi. Kita sudah hafal insyaaAllah, tapi alangkah butuhnya kita diingatkan.

{ وَذَكِّرْ فَإِنَّ ٱلذِّكْرَىٰ تَنفَعُ ٱلْمُؤْمِنِين }
"Maka berikanlah peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman."(QS. Adz-Dzariyat: 55)
Jadi, ada banyak hal yang sudah kita ketahui. Ada hal yang kita sudah paham, dari kecil kita sudah lakukan. Tapi ketika diingatkan lagi di sebuah khotbah Jum'at, atau di sebuah kajian, atau di status teman, maka kita mengucapkan, Alhamdulillah, masyaaAllah, ooh iya.. Jadi ternyata peringatan itu bermanfaat. Kita menjadi bersemangat lagi, kita menjadi ingat lagi dengan ibadah-ibadah yang barangkali kita kurang memperhatikannya.

Ada amalan-amalan yang disunnahkan di bulan Ramadhan dengan dalil khusus, di antaranya adalah:

Puasa

Tentunya puasa ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi sebagai rukun Islam. Dia adalah ibadah utama di bulan Ramadhan. Bukan hanya wajib, tapi puasa Ramadhan ini adalah ibadah yang merupakan rukun Islam. Dia adalah tiangnya Islam. Dia adalah pondasi
Islam. Maka kita harus memperhatikan hal ini.

Dan sesuatu yang menyedihkan kita adalah ada banyak umat Islam yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan tanpa uzur. Masih sering kita jumpai ada orang-orang yang tidak peduli. Di siang hari bulan Ramadhan dia makan, tidak punya malu. Padahal dia adalah orang yang kuat, dia adalah orang yang tidak memiliki uzur; tidak sakit, tidak tua, tidak sedang musafir.

Ini menunjukkan bahwasanya ketika kita bisa berpuasa, mungkin insyaaAllah ya, insyaaAllah, para pendengar sekalian adalah orang-orang yang tidak pernah dengan sengaja meninggalkan puasa, melanggar aturan Allah dengan meninggalkan puasa Ramadhan tanpa uzur.

Jadi, itu adalah pilihan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Itu adalah nikmat dan anugerah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Karena di luar sana ada banyak orang yang bahkan tidak memiliki nikmat itu. Begitu mudah dia meninggalkan puasa, begitu ringan dia tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Na'udzu billahi mindzalik. Itu adalah nikmat besar yang dicabut dari mereka.

Semoga Allah melindungi kita dari musibah itu. Musibah dalam akhirat adalah musibah yang lebih besar daripada gempa bumi, banjir, gunung meletus dan lain sebagainya.

Kemudian juga, di antara ibadah yang memiliki dalil khusus adalah:

Qiyamul lail, shalat tarawih di bulan Ramadhan, yaitu di malam-malamnya.

Disebut tarawih karena berasal dari kata tarwih; tarwih adalah istirahat. Disebut demikian karena ada banyak salam dalam shalat ini; dua rakaat salam, dua rakaat salam, dua rakaat salam. Sehingga disebut sebagai tarawih karena banyak istirahatnya. Dan ini adalah sebuah ibadah yang agung, yang kita juga hendaknya memperhatikannya. Tidak wajib, tidak setegas puasa bulan Ramadhan, tapi alangkah sayangnya kalau di bulan Ramadhan kita tidak bisa menjalankan shalat tarawih ini.

Kemudian juga adalah:

Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an yang memiliki keutamaan yang sangat tinggi (nanti kita akan bahas lebih jauh) juga adalah ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan dengan dalil yang khusus.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam terbiasa mudarasah (tadarus) Al-Qur'an dengan malaikat Jibril 'Alaihissalam. Sekali khatam bersama Jibril dalam tadarus, kecuali di tahun terakhir Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, di mana Beliau khatam dua kali dalam tadarus bersama Jibril 'Alaihissalam.

Maka, disunahkan bagi umat Islam untuk memperbanyak tilawah dan bacaan Al-Qur'an selama bulan Ramadhan.

Kemudian juga:

Sedekah

Disebutkan bahwasanya pada bulan Ramadhan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam sangat dermawan. Beliau sudah dermawan sepanjang tahun, tapi kalau masuk bulan Ramadhan, Beliau lebih dermawan lagi.

Kemudian juga:

Iktikaf

Yang merupakan ibadah yang senantiasa dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Setiap tahun Beliau iktikaf, yaitu dengan mulazamah, dengan iltizamul masjid, dengan berdiam di masjid. Mengumpulkan hati untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan berdiam di masjid di sepuluh terakhir bulan Ramadhan, yang diiringi dengan perut yang kosong di siang hari. Itu adalah iktikaf.

Dan ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam wafat, maka istri-istri Beliau yang meneruskan sunnah ini.

Kemudian juga:

Umrah

Umrah di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang sangat agung. Dalam sebuah hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bertanya kepada seorang wanita yang tidak haji bersama Beliau. Beliau bertanya, "Kenapa Anda tidak haji bersama kami dalam haji wada'?"

Maka wanita ini mengatakan bahwasanya beliau tidak memiliki kendaraan yang cukup. Hanya ada satu kendaraan yang membawa suami beliau dan putra beliau. Sedangkan keluarga yang lain tidak bisa ikut berangkat karena tidak memiliki kendaraan.

Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan kepada beliau,

❲ فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي، فإنَّ عُمْرَةً في رَمَضَانُ تَعْدِلُ حَجَّةً ❳
"Kalau nanti tiba waktunya bulan Ramadhan, hendaklah engkau umrah. Karena umrah pada bulan Ramadhan itu sama dengan haji."
Pahala umrah di bulan Ramadhan itu sama dengan pahala haji. Dan dalam sebuah riwayat yang lain disebutkan,

❲ تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِيْ ❳
"Umrah di bulan Ramadhan itu pahalanya menyamai pahala haji bersamaku."
Yakni bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Jamaah anggota GiS (Grup Islam Sunnah), barangkali ini yang bisa kita pelajari bersama pada kesempatan kali ini. Semoga yang sedikit ini diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan bermanfaat dalam meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan.

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا ، وَبَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ ، وَاللهُ تَعَالَى اَعْلَمُ
وَصَلَى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
وَاَخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════

Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.