F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-34 Bab Mandi Bag. 9 Pasal Mandi yang Disunnahkan Ada 17

Audio ke-34 Bab Mandi Bag. 9 Pasal Mandi yang Disunnahkan Ada 17
🌐 WAG Dirosah Islamiyah Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad
🗓 KAMIS | 5 Sya’ban 1445 H | 15 Februari 2024 M
🎙 Oleh: Ustadz Anas Burhanuddin, Lc., M.A. حفظه الله تعالى
🔈 Audio ke-34
https://drive.google.com/file/d/1rhDZuNqwHTIKFHA1I-jZGg_5kODM0r7E/view?usp=sharing

📖 Bab Mandi Bag. 9 Pasal Mandi yang Disunnahkan Ada 17

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين
أما بعد
Anggota grup WhatsApp Dirosah Islamiyah yang semoga senantiasa dirahmati oleh Allāh subhānahu wa ta’ālā.

Kita lanjutkan kajian kita dari kitab Matnul Ghāyah wat Taqrīb (متن الغاية والتقريب) karya Abu Syuja’ Al-Ashfahani rahimahullāhu ta’ālā.

Setelah berbicara tentang mandi yang wajib, penulis kitab membahas tentang mandi-mandi yang sunnah.

Di sini beliau mengatakan,

فَصْلٌ وَالْاِغْتِسَالَاتُ الْمَسْنُونَةُ سَبْعَةَ عَشَرَ غُسْلًا

Pasal dan mandi-mandi yang disunnahkan itu ada tujuh belas.

وَالْغُسْلُ عِنْدَ الْإِحْرَامِ

10. Mandi saat ihram

Yaitu mandi sebelum berniat masuk dalam ibadah haji atau umrah.

Ihram adalah niat untuk masuk dalam ibadah haji atau umrah, di mana saat kita sudah pasang niat ini maka hukum umrah dan haji berjalan (berlaku), hal-hal yang diharamkan untuk orang yang umrah dan haji mulai berlaku saat itu. Itu namanya Ihram.

Jadi niat untuk masuk dalam Ihram, niat untuk mengharamkan hal-hal yang sebelumnya boleh, seperti memakai wewangian, memotong rambut, memotong kuku, dan yang lain. Memakai pakaian berjahit, memakai peci untuk pria. Ini semua adalah hal-hal yang sebelum Ihram dibolehkan kemudian diharamkan ketika kita niat Ihram.

Dan saat kita akan Ihram disunnahkan untuk mandi dahulu sebagaimana dicontohkan oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam dalil khusus yaitu di antaranya hadits dari Zaid bin Tsabit radhiyallāhu ‘anhu,

أنَّهُ رأى النَّبيَّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ تجرَّدَ لإِهلالِهِ واغتسلَ

Hadits riwayat At-Tirmidzi dengan sanad yang shahih.

Bahwasanya Zaid bin Tsabit melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam melepas pakaian Beliau sebelum talbiyah (sebelum Beliau talbiyah dalam Ihram Beliau) dan Beliau mandi.

Jadi Beliau melepas baju kemudian mandi sebelum Ihram dan mengangkat suara dengan talbiyah.

Ini adalah menunjukkan sunnahnya mandi sebelum Ihram dan ini sudah umum diketahui oleh para jama’ah haji dan umrah, mereka biasa mempraktikkan hal ini sebelum mereka masuk ke dalam niat Ihram.

وَلِدُخُولِ مَكَّةَ

11. Mandi saat masuk Mekkah.

Bagi mereka yang akan haji atau umrah disunnahkan untuk mandi saat memasuki kota Mekkah dan ini juga memiliki dalil khusus yaitu hadits Ibnu Umar radhiyallāhu ‘anhuma,

أَنَّهُ كَانَ لاَ يَقْدَمُ مَكَّةَ إِلاَّ بَاتَ بِذِي طُوًى حَتَّى يُصْبِحَ وَيَغْتَسِلَ ثُمَّ يَدْخُلُ مَكَّةَ نَهَارًا

Ibnu Umar tidak pernah memasuki kota Mekkah, tidak pernah datang ke Mekkah kecuali beliau menginap dahulu semalam di dzi thuwa (ذِي طُوًى) atau dzu thuwa (ذُو طُوًى). Sebuah tempat menjelang Mekkah.

Beliau menginap di situ semalam, kemudian ketika pagi beliau mandi dan baru di siang harinya beliau masuk kota Mekkah.

وَيَذْكُرُ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ فَعَلَهُ

Dan Ibnu Umar mendasarkan perbuatan beliau ini kepada contoh dari Nabi Muhammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam.

Jadi bukan beliau yang mencontohkan pertama kali tapi Ibnu Umar mencontoh Nabi Muhammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Maka dianjurkan bagi mereka yang memasuki kota Mekkah untuk mandi dahulu sebagai persiapan untuk thawaf dan sa’i.

وَلِلْوُقُوفِ بِعَرَفَةَ

12. Mandi sebelum wuquf di Arafah.

Wuquf di Arafah adalah rukun haji yang paling utama, di sana ada perkumpulan umat Islam, bahkan ini merupakan Ijtima’ Akbar (perkumpulan akbar) umat Islam yang pada tahun-tahun ini jumlahnya bisa mencapai 2 Juta atau 3 Juta orang, jumlah yang sangat luar biasa.

Maka disunnahkan untuk mandi dalam momen-momen seperti ini, apalagi para jama’ah haji akan menjalani ibadah yang paling penting, mereka butuh kesegaran mereka butuh kekhusyu’an dalam ibadah itu. Maka dianjurkan untuk mandi sebelumnya dan itu yang dicontohkan oleh Ibnu Umar radhiyallāhu ‘anhu sebagaimana riwayat Malik bin Anas dalam kitab Al-Muwatha’.

كَانَ يَغْتَسِلُ لإِحْرَامِهِ قَبْلَ أَنْ يُحْرِمَ، وَلِدُخُولِهِ مَكَّةَ، وَلِوُقُوفِهِ عَشِيَّةَ عَرَفَةَ
Ibnu Umar radhiyallāhu ‘anhu disebutkan mandi sebelum beliau Ihramnya, kemudian mandi sebelum masuk Mekkah, beliau juga mandi menjelang wuquf di Arafah (menjelang wuquf pada siang hari atau sore hari di Arafah).
Beliau melakukan itu dan tentunya ini tidak beliau ciptakan sendiri tetapi beliau mencontoh dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam.

Barangkali ini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Wallāhu ta’ālā a’lam.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

•┈┈•⊰✿✿⊱•┈┈•
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.