F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-218: Bab 16 Pembahasan Hadits Abu Iyas Salamah bin 'Amr bin Al-Akwa

Audio ke-218: Bab 16 Perintah Memelihara Sunnah dan Adab-Adabnya ~ Pembahasan Hadits Abu Iyas Salamah bin 'Amr bin Al-Akwa
☛ Pertemuan ke-451
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU, 22 Jumadil Awwal 1445 H / 06 Desember 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-218: Bab 16 Perintah Memelihara Sunnah dan Adab-Adabnya ~ Pembahasan Hadits Abu Iyas Salamah bin 'Amr bin Al-Akwa' Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِلِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ


Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Kita lanjutkan kajian kita.

عَنْ أَبِيْ مُسْلِمٍ - وَقِيْلَ : أَبِي إِيَاسٍ - سَلَمَةَ بْنِ عَمْرِو بْنِ الأَكْوَعِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَجُلًا أَكَلَ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ ﷺ بِشِمَالِهِ، فَقَالَ: ❲ كُلْ بِيَمِيْنِكَ ❳ ، قَالَ: لاَ أَسْتَطِيْعُ . قَالَ: ❲ لاَ اسْتَطَعْتَ! مَا مَنَعَهُ إِلاَّ الْكِبْرُ ❳ ؛ فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ. ❊ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)
Dari Abu Muslim, ada juga yang mengatakan Abu Iyas, Salamah bin 'Amr bin Al-Akwa' radhiyallahu anhu, bahwasanya ada seorang yang makan di sisi Rasulullahi Shallallahu 'alaihi wasallam dengan tangan kirinya. Maka Beliau lantas bersabda, "Makanlah dengan tangan kananmu!" Akan tetapi orang itu menjawab, "Aku tidak bisa." Beliau pun menyatakan, "Kamu tidak akan pernah bisa. Sungguh tidak ada yang menghalanginya menggunakan tangan kanan kecuali kesombongan." Akhirnya orang tersebut tidak bisa mengangkat tangannya itu ke mulutnya.
(HR. Muslim)
Subhanallah.
Kita lihat nih! Masalah yang mungkin remeh buat sebagian orang. Masih banyak orang-orang yang makan dengan tangan kirinya, makan dengan kedua tangannya. Padahal, jelas-jelas Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan,

❲ إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ ❳
"Kalau seseorang makan di antara kalian, makanlah dengan tangan kanannya."
❲ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ ❳
"Minum dengan tangan kanan pula."
❲ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ❳

Kenapa dilarang sama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam? Disebabkan syaitan itu kalau makan minum pakai tangan kiri. Jangan jadi syaithan!

Kita enggak ingin jadi musuh kita. Bahkan kalau kita kelihatan sama musuh kita, mungkin kita akan berpaling, atau kita akan menyakiti dia. Sekarang syaitan ini musuh kita, masa kita mau bertemanan dengan syaitan?! Dia yang menyebabkan akhirnya Adam tergoda dengan memakan buah di dalam surga yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Maka di sini, Salamah ibn 'Amr ibn Akwa' meriwayatkan, bahwa ada seorang laki-laki yang makan di sisi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Makan bersama Nabi. Dilihat sama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, dia makan dengan tangan kirinya. Lalu apa kata Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam?

❲ كُلْ بِيَمِينِكَ ❳
"Makanlah engkau dengan tangan kananmu."
Jawab orang ini,
لاَ أَسْتَطِيْعُ
Aku enggak bisa makan dengan tangan kananku. Enggak bisa.
Ada orang-orang yang kidal, yang terkadang kalau dikatakan, Makan dengan tangan kananmu! berat buat dia makan dengan tangan kanan, karena dia sudah terbiasa dengan tangan kirinya. Tangan kirinya bahkan lebih kuat dari tangan kanannya. Apakah dibiarkan? Enggak boleh dibiarkan! Tetap usahakan dia makan dengan tangan kanannya. Ini usaha.

Ini orang ketika disuruh makan dengan tangan kanannya, apa jawab orang ini?

لاَ أَسْتَطِيْعُ
Aku tidak bisa.
Lalu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan,

❲ لاَ اسْتَطَعْتَ! ❳
"Semoga kamu tidak bisa!"
Awalnya orang ini mengatakan, Aku enggak bisa. Lalu sama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam didoakan, "Semoga kamu tidak bisa (enggak bisa makan dengan tangan kanan)." Ya sudah, semoga enggak bisa! Artinya, kalau dia memang enggak bisa, enggak ada masalah. Memang enggak bisa dia makan. Tapi kalau tangannya sehat, hanya saja tidak ingin makan di sana, atau dia tidak mau makan dengan tangan kanannya, padahal dia bisa mengangkat tangannya, maka di sini kejadian sahabat ini yang makan dengan tangan kirinya,

❲ لاَ اسْتَطَعْتَ! ❳
"Semoga kamu tidak bisa!"
❲ مَا مَنَعَهُ إِلاَّ الْكِبْرُ ❳ ؛ فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ.
"Tidak ada yang menghalangi dia melaksanakan perintahku, kecuali kesombongan."
Artinya, ada orang-orang yang sombong, kemudian menolak kebenaran. Dikasih tahu, enggak mau. Apalagi sekarang, berkaitan dengan tangan kiri ini, Jamaah. Sekarang ada riset yang mengatakan, orang yang kidal itu biasanya otaknya lebih cerdas, lebih pintar matematika, apalah yang mereka katakan. Tapi seorang muslim, jangan membiasakan makan minum dengan tangan kirinya. Ajarkan yang benar kepada mereka!

فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ.

Akhirnya orang ini tidak pernah mengangkat tangan kanannya ke mulutnya. Ketika disuruh ngangkat, dia sehat; angkat makan dengan tangan kanan, tapi dia enggak mau. Akhirnya Allah kasih sakit. Biasanya orang kalau dikasih sakit, umpamanya stroke, ketika itu berpikir, Ah, aku ingin makan dengan tangan kananku! Selesai sudah. Allah berikan kesempatan kepada engkau bertahun-tahun, tapi engkau makan dengan tangan kanan dan makan dengan tangan kiri.

Maka lihat! Menjaga sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam yang merupakan makan dan minum, cara makan dan minum, ternyata membuat seorang istiqamah ketika kita melaksanakannya. Tapi kalau tidak, maka itu akan menyebabkan kehancuran bagi kita.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.