F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-97: Bab 06 Takwa ~ Mukadimah Bag 03

Audio ke-97: Bab 06 Takwa ~ Mukadimah Bag 03
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-325
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SELASA 17 Dzulqa'dah 1444 H 06 Juni 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-97: Bab 06 Takwa ~ Mukadimah Bag 03

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Ahibbaty fillah.
Kita berjumpa kembali dalam pembahasan kitab Riyadhus Shalihin (Tamannya orang-orang yang baik, orang-orang yang saleh).

Kita telah sampai kepada Bab Takwa.

Thayyib.
Ayat yang selanjutnya.

{ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللهَ وَقُولُواْ قَوۡلاً سَدِيدًا ۞ يُصۡلِحۡ لَكُمۡ أَعۡمَٰلَكُمۡ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۗ وَمَن يُطِعِ ٱللهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدۡ فَازَ فَوۡزًا عَظِيمًا ۞ }
"Hai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah, dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa yang mentaati Allah dan rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapatkan kemenangan yang besar."(QS. Al-Ahzab: 70-71)
Subhanallah.
Allah memerintahkan orang-orang yang beriman agar bertakwa kepada Allah. Dan termasuk bagian dari takwa,

{ وَقُولُواْ قَوۡلاً سَدِيدًا }
"mengucapkan ucapan yang benar."
Ucapan yang benar ini mencakup segala ucapan yang baik dan benar, yang waktu mengucapkannya tepat, tidak menimbulkan kegaduhan. Itu ucapan yang benar, yakni dzikrullah, amar ma’ruf nahi mungkar, kemudian saling menasihati. Orang sekarang pada menulis, semua bebas menulis. Tapi ingat!

{ وَقُولُواْ قَوۡلاً سَدِيدًا }

Ketika orang bertakwa dan berucap ucapan yang benar, maka Allah akan berikan sebuah reward yang indah sekali, balasan yang begitu besarnya.

{ يُصۡلِحۡ لَكُمۡ أَعۡمَٰلَكُمۡ }
"Allah akan memperbaiki amalan kalian."
Wallahi, Jamaah.
Kita sering kali mendapatkan pertanyaan, Ustadz, hidayah itu datang apa diusahakan? Hidayah itu menjemput kita atau kita mencarinya?
Dua-duanya.

Di antara yang perlu dilakukan adalah seorang berusaha untuk mendapatkan hidayah. Salah satunya adalah dengan bertakwa dan mengucapkan ucapan yang baik. Allah akan beri petunjuk. Diperbaiki amalan kita. Yang enggak biasa shalat malam, jadi bisa shalat malam. Yang shalatnya enggak khusyuk, jadi khusyuk. Yang shalatnya kadang kala telat, jadi enggak telat. Gara-gara kita bertakwa, kita mengucapkan ucapan yang baik, Allah perbaiki amalan kita.

{ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۗ }
"Lalu, Allah ampuni dosa-dosa kita."
Karena sejatinya seorang mukmin enggak akan terlepas dari dosa. Sudah jadi kodratnya. Tapi ketika dia bertakwa, mengucapkan ucapan yang baik, tidak menyebarkan hoaks, tidak mengadu domba, tidak ghibahin orang, tidak memaki, tidak membully, tidak mengumpat, Allah akan memperbaiki amalan kalian, ampuni dosa-dosa kalian.

Ini, ayat ini dengan ayat yang pertama yang di surat Ali-Imran adalah termasuk ayat yang sering Nabi bacakan -‘Alaihis-shalatu wassalam- ketika Khutbatul Hajah. Diingatkan, mukmin selalu diingatkan: omongannya dijaga, lisannya dijaga. Orang banyak masuk neraka itu gara-gara lisan. Hati-hati! Ini bicara takwa, kita. Di antara bentuk ketakwaan adalah dengan menjaga lisan kita.

Kemudian,

{ وَمَن يُطِعِ ٱللهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدۡ فَازَ فَوۡزًا عَظِيمًا }
"Yang taat dan patuh kepada Allah dan rasul-Nya, maka dia adalah manusia yang sukses dengan kesuksesan yang sebenarnya."
Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.