F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Halaqah 6 ~ Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 4 - Meyakini Bahwa Mereka Mashum

Halaqah 6 ~ Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Para Rasul Allah HSI | Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 4

Halaqah 6 ~ Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Para Rasul Allah | Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 4

👤 Ustadz ‘Abdullāh Roy, MA
🔊 Halaqah 6 | Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 4

CARA BERIMAN KEPADA PARA RASUL BAGIAN 4

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang ke-6 dari Silsilah ‘ilmiyyah Beriman dengan para Rasul Allah adalah tentang “Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 4”.

Diantara cara beriman dengan para Rasul Allah adalah

6. Meyakini bahwa mereka ma’shum

Yaitu terjaga dari dosa besar seperti : zina, mencuri, menipu, sihir, membuat berhala, dll. Dan ini adalah kesepakatan umat.

Adapun orang Yahudi dan Nashrani maka mereka menganggap para Nabi dan Rasul melakukan dosa besar, seperti keyakinan bahwa Nabi Harun dialah yang membuat berhala, Dan keyakinan bahwa Nabi Ibrahim mengorbankan Istrinya (Sarah) kepada Firaun, Dan seperti keyakinan bahwa Nabi Luth alaihissalam mabuk, dll.

Adapun dosa kecil maka menurut sebagian besar ulama terkadang seorang Nabi melakukan dosa kecil namun tidak sampai berhubungan dengan wahyu dan dengan cepat sekali mereka bertaubat kepada Allah azza wajalla.

1. Nabi Adam alaihissalam beliau dilarang untuk memakan buah tertentu di dalam surga, akan tetapi beliau melanggarnya

kemudian beliau mengatakan :

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
“Wahai Rabb kami, kami telah mendholimi diri kami sendiri dan seandainya Engkau tidak mengampuni dosa kami dan menyayangi kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS Al-A’raf 23)

2. Nabi Nuh alaihissalam meminta kepada Allah supaya menyelamatkan anaknya yang kafir

Maka Allah azza wajalla menegur beliau dan menasihati beliau kemudian beliau langsung meminta ampun kepada Allah seraya berkata,

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ
“Beliau berkata, ‘Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari meminta kepada-Mu sesuatu yang aku tidak memiliki ilmu tentangnya dan seandainya Engkau tidak mengampuni aku dan menyayangi aku, niscaya aku termasuk orang-orang yang merugi’.” (QS Hud 47)

3. Nabi Musa alaihissalam pernah memukul orang Qibthi (orang Mesir) yang berakibat terbunuhnya orang tersebut.

Ini adalah dosa kecil karena pukulan Nabi Musa alaihissalam sebenarnya tidak mematikan dan beliau shallahu’alaihi wa sallam juga tidak bermaksud untuk membunuh. Nabi Musa alaihissalam mengiringi kesalahan ini dengan Taubat kepada Allah.

Allah berfirman :

قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
“Beliau berkata, ‘Wahai Rabbku, sesungguhnya aku mendholimi diriku sendiri maka ampunilah aku.’, maka Allah pun mengampuni beliau. Sesungguhnya Allah adalah Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Qasas 16)

4. Nabi Yunus alaihissalam pernah marah meninggalkan kaumnya karena mereka tidak menerima dakwah beliau

Dan setelah ditelan ikan yang besar, beliau pun segera meminta ampun kepada Allah.

Allah berfirman :

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
“Dan ingatlah kisah dzunnun yaitu Yunus ketika dia pergi dalam keadaan marah lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap. ‘Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau. Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang dzalim.” (QS Al-Anbiya’ 87)

5. Nabi Muhammad ﷺ ketika sedang mendakwahi seorang pembesar Qurais datang kepada beliau Ibnu Ummi Maktum (yang buta matanya) ingin bertanya tentang sesuatu, maka beliau bermuka masam dan berpaling

Allah pun menurunkan firman-Nya :

عَبَسَ وَتَوَلَّىٰ أَنْ جَاءَهُ الْأَعْمَىٰ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّهُ يَزَّكَّىٰ أَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرَىٰ
“Dia (Muhammad) berwajah masam dan berpaling karena seorang buta telah datang kepadanya. Dan tahukah engkau (wahai Muhammad) barangkali dia ingin menyucikan dirinya atau dia ingin mendapatkan pengajaran yang memberi manfaat kepadanya.” (QS ‘Abasa 1-4)
Setelah itu Rasulullah ﷺ pun memuliakannya sebagaimana dikabarkan oleh Anas bin Malik radiyallahu ‘anhu, diriwayatkan oleh Abu Ya’la di dalam Musnadnya.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini, dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Saudaramu,
Abdullāh Roy
Di kota Al-Madīnah
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.