F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Syarhus Sunnah Al-Muzani – 13 – Point 2 Allah Ada di Atas Arsy Bag. 1

Syarhus Sunnah Al-Muzani – 13 – Point 2 Allah Ada di Atas Arsy Bag. 1
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
📘 Syarhus Sunnah Al-Muzani : ❝ POINT 2 - ALLAH ADA DI ATAS 'ARSY #1 ❞
Dosen : Ustadz Beni Sarbeni, Lc, M.Pd Hafidzhahullah Ta'ala
🎧 Simak Audio 🎧

Point 2 - Allah Ada di Atas 'Arsy #1

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
.الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه وَمَنْ وَالاَهُ. أمَّا بعد

Sahabat sekalian yang semoga dimuliakan oleh Allah rabbul alamin. Kita lanjutkan kajian kitab syarhus sunnah karya Al Imam Al Muzani Rahimahullah, kali ini poin kedua dari kitab Syarhus Sunnah, dan saya beri judul :

Allah ada di atas ‘Arsy

Poin ini dicantumkan oleh Al Imam Al-Muzani di awal-awal kitab, karena inilah yang diyakini oleh Ahlussunnah Wal Jamaah, berbeda dengan kaum Jahmiyah mereka mengingkari adanya Allah di atas ‘Arsy, sampai sekarang pun kaum jahmiyah beserta cucu-cucu mereka seperti Asy'ariyah mengingkari hal ini bahkan sifat Allah ini ditakwil dirubah namanya oleh mereka.

Imam Al Muzani sebagai salah seorang murid senior Imam Syafi’i beliau berkata :

عَالٍ عَلَى عَرْشِهِ ، وَهُوَ دَانٍ بِعِلْمِهِ مِنْ خَلْقِهِ.
Allah di atas ‘Arsy-Nya, Allah Maha dekat kepada makhlukNya dengan ilmu-Nya.
Dimana adanya Allah ? Allah di atas ‘Asry lalu apa yang dimaksud bahwa Allah itu dekat dengan makhlukNya ? Maksudnya dekat kepada makhlukNya dengan ilmunya.

Dalil dari Al Qur'an

Sahabat sekalian, Allah Subhanahu Wa Ta'ala ada di atas langit bersemayam di atas ‘Asry banyak dalil tentang masalah ini baik dalam Al-Quran maupun hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam diantaranya misalnya surah Al-Mulk ayat 16 Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :

ءَاَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَاۤءِ اَنْ يَّخْسِفَ بِكُمُ الْاَرْضَ فَاِذَا هِيَ تَمُوْرُۙ
“Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang ada di langit bahwa dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kalian sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang”(QS. Al-Mulk :16)
ءَاَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَاۤءِ Apakah kalian merasa aman terhadap Allah yang ada di langit?

Abdullah Ibnu Abbas Radhiyallahu Ta'ala Anhu sebagaimana dinukil dalam Tafsir Zadul Masir Fi ‘ilmi Tafsir karya Al Imam Ibnu jauzi, Abdullah Ibnu Abbas Radhiyallahu Ta'ala Anhu berkata menjelaskan ayat di atas kata beliau "Apakah kalian merasa aman dengan azab Allah yang ada di langit ?” jadi Abdullah Ibnu Abbas menegaskan lagi “Apakah kalian merasa aman dengan azab Allah yang ada di langit ?” (maksudnya Allah ada di langit)

Kemudian dalil lainya misalnya Surah Thaha ayat 5 di mana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :

اَلرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوٰى
“Yaitu Tuhan Yang Maha Pemurah yang bersemayam di atas ‘Asry”

Dalil dari Hadits

Dalam sebuah hadis yang shahih yang diriwayatkan oleh Al Imam Muslim
“Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bertanya kepada seorang budak wanita kata Nabi اين الله dimana Allah ? Maka jawaban wanita tersebut Allah ada di atas langit, Rasul bertanya kembali Siapakah aku ? Wanita itu menjawab Engkau adalah Rasulullah, Akhirnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berkata kepada tuannya, tuan si budak itu : merdekakanlah karena sesungguhnya dia wanita yang beriman”.
Imam Abu Said atau Al Imam Ad-Darimi Rahimahullahu Ta'ala salah seorang ulama besar tokoh di kalangan Ahlussunnah Wal Jamaah beliau menjelaskan hadits di atas, "Dalam hadits rasulullah shallallahu alaihi wasallam di atas ada Dalalah atau ada sesuatu yang menunjukkan bahwa jika seseorang tidak mengetahui Allah di atas langit maka dia bukan orang yang beriman".

Imam Ad-Darimi menjelaskan hadist di atas bahwa di dalam hadits di atas ada faidahnya ? "jika seseorang tidak mengetahui Allah di atas langit maka dia bukan orang yang beriman". lihat kitab Ar-Rod Alal Jahmiyah karya Abu Said dari halaman 40

Perkataan Shahabat dan ulama

Kemudian selanjutnya akan saya bawakan di sini perkataan para sahabat atau juga para ulama tentang masalah ini :

1. Abdullah Ibnu Abbas radhiyallahu ta'ala ‘Anhuma

Beliau berkata di hari wafatnya Aisyah Radhiyallahu Ta'ala ‘Anha

"Engkau adalah wanita yang paling dicintai oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, dia tidak mencintai kecuali yang baik (Maksudnya rasul tidak mencintai kecuali yang baik) dan pembebasanmu turun dari atas langit yang tujuh" Maksudnya Aisyah radhiyallahu ta'ala anha pernah dituduh berbuat serong sebagaimana dalam haditsul Ifki tentang Cerita Dusta, Lalu Allah membebaskan tuduhan itu.

Nah di sini kata Abdullah Ibnu Abbas dan pembebasanmu turun dari atas langit yang tujuh (maksudnya dari Allah) berarti Allah ada di atas langit, ini perkataan Abdullah Ibnu Abbas

2. Perkataan istri nabi shallallahu alaihi wasallam yaitu Zainab Binti Jahsy Radhiyallahu Ta'ala ‘Anha beliau merasa bangga di hadapan istri Nabi lainnya Seraya berkata :

زَوَّجَكُنَّ أهَالِيكُنَّ، وزَوَّجَنِي اللَّهُ تَعَالَى مِن فَوْقِ سَبْعِ سَمَوَاتٍ،
“Kalian dinikahkan oleh keluarga-keluarga kalian sementara aku dinikahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dari atas langit yang tujuh”[Hadits ini Shahih diriwayatkan oleh Al Imam Al Bukhari dan yang lain nya]
Itu perkataan dua orang sahabat Abdullah bin Abbas dan Zainab bintu Jahsy istri dari istri-istri Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam

Kemudian di sini saya bawakan perkataan Al Imam Abu Hanifah salah seorang imam yang empat dalam Al Madzahibul Arba’ah, perkataan Al Imam Abu Hanifah yang saya kutip dari kitab Ushuluddin ‘Inda Abi Hanifah karya Muhammad bin Abdurrahman Al Khumais dan penulis menukilnya dari kitab Al fiqhul Absat karya Al Imam Abu Hanifah demikian pula dari kitab-kitab yang lain, apa yang dikatakan oleh Al Imam Abu Hanifah ?

من قال لا أعرف ربي في السماء أم في الأرض فقد كفر؛ وكذا من قال إنه على العرش و لا أدري العرش أ في السماء أم في الأرض؟
“Barang siapa mengatakan Aku tidak tahu apakah Tuhanku ada di langit atau di bumi maka dia telah kufur, demikian pula yang berkata Allah ada di atas ‘Arsy hanya saja aku tidak tahu apakah Arsy itu ada di langit atau di bumi”
Maksudnya demikian pula orang yang seperti itu kufur, karena dia mengingkari Al-Quran mengingkari hadits Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Kemudian perkataan Imam Malik Sebagaimana diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad dalam kitabnya As-Sunnah apa yang dikatakan oleh Al Imam Malik

الله في السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو من علمه مكان
“Allah itu ada di atas langit dan ilmunya ada pada setiap tempat tidak ada satu tempat pun yang luput dari ilmu Allah”
Jadi Allah di mana ? Allah di langit Bersemayam di atas ‘Asry Adapun ilmu Allah subhanahu wa ta'ala meliputi setiap tempat, ini perkataan Al-Imam Malik
Kemudian perkataan Al Imam Asy-Syafi'i Rahimahullah sebagaimana dalam kitab wasiyatul Imam asy-syafi'i (wasiat Imam Syafi'i) Beliau berkata :

القول في السنة التي أنا عليها ورأيت أصحابنا عليها أهل الحديث الذين رأيتهم وأخذت عنهم مثل سفيان ومالك وغيرهما الاقرار بشهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وأن الله تعالى على عرشه في سمائه يقرب من خلقه كيف شاء
“Sunnah atau ajaran Islam yang aku pegang dan aku pun melihat kawan-kawanku di atasnya, yakni ahli hadist yang aku ambil ilmu dari mereka seperti Sufyan Ibnu uyainah Malik dan yang lainnya adalah… Apa isi ajaran tersebut menetapkan syahadat لا إله إلا الله وأن محمدا رسول kemudian Beliau berkata Sesungguhnya Allah ada diatas ‘Arsy-Nya di langit dekat dengan makhlukNya sesuai dengan kehendaknya, dekat dengan makhlukNya dengan ilmunya.
Tayyib inilah di antara dalil tentang Allah ada di atas langit bersemayam di atas Arasy baik dari Alquran Hadits bahkan saya tambahkan penjelasan para ulama dan para sahabat
Semoga apa yang saya sampaikan bisa dipahami dengan baik dan tentunya bermanfaat

Akhukum fillah,
Abu Sumayyah Beni Sarbeni

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.