F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Syarhus Sunnah Al-Muzani – 03 – Biografi Imam Al-Muzani

Syarhus Sunnah Al-Muzani  – 03 – Biografi Imam Al-Muzani
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
📘 Syarhus Sunnah Al-Muzani : ❝ BIOGRAFI IMAM AL-MUZANI ❞
Dosen : Ustadz Beni Sarbeni, Lc, M.Pd Hafidzhahullah Ta'ala
🎧 Simak Audio 🎧

Biografi Imam Al-Muzani

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه وَمَنْ وَالاَهُ. أمَّا بعد

Sahabat Belajar Islam yang semoga senantiasa dalam keadaan sehat wal ‘aafiyat dan semoga Allah subhanahu wa ta'ala senantiasa memberkahi kita, memberkahi waktu, harta, dan keluarga. Kita lanjutkan kajian kitab Syarhus Sunnah karya Al Imam Al Muzani rahimahullah Ta’ala. Kali ini saya akan membacakan biografi dari Al Imam Al Muzani sebagai penulis kitab.

Nama dan Kunyah

Nama beliau adalah Isma’il bin Yahya bin Isma’il bin ‘Amr bin Muslim Al-Muzani Al-Mishriy, jadi nama beliau Isma’il bapaknya Yahya, kakeknya bernama Isma’il dan seterusnya. Al-Mishriy nisbat ke negeri Mesir artinya beliau orang Mesir, kunyah beliau adalah Abu Ibrahim.

Kunyah adalah sebutan yang diawali dengan kata Abu untuk laki laki atau Ummu untuk perempuan

Beliau lahir di tahun wafatnya Imam Al-Laits, Al-Laits Ibnu Sa’ad, ulama besar yang ada di Mesir, kawannya Imam Malik yang ada di Madinah. Jadi lahirnya beliau adalah wafatnya Imam Al-Laits yakni tahun 175 H. Keluarga beliau adalah keluarga pencinta ilmu. Saudari beliau juga murid dari Imam Asy-Syafi’i, bahkan riwayatnya dinukil oleh Imam Ar-Rafi’i dalam bab Zakat, dan Imam Ar-Rafi’i ini adalah ulama besar mazhab Syafi'iyyah, jika dalam rujukan-rujukan kitab Syafi'iyyah dikatakan ‘Asy-Syaikhon’ dua guru besar, maka yang dimaksud dengan dua guru besar di sini adalah Imam Ar-Rafi’i dan Imam An-Nawawi. Nah, saudari Al-Imam Muzani ini, murid Al-Imam Asy-Syafi’i juga sekaligus ibu dari seorang ulama besar, yaitu Al-Hafizh Ath-Thahawi yang menulis kitab Al-‘Aqiidah Ath-Thahaawiyyah.

Baik, kembali kepada Al-Muzani, beliau rahimahullah hidup di Mesir di tengah banyak ulama di sana, seperti Imam Warasy, Harmalah, dan tentunya Imam Asy-Syafi’i sendiri, juga ulama lainnya. Demikian pula di zaman ulama lainnya di luar Mesir seperti Imam Abu Dawud penulis kitab Sunan Abi Daud, Imam Ahmad imam madzhab atau ulama madzab, Imam Al-Bukhari, dan yang lainnya.

Guru-guru Beliau

Beliau rahimahullah tidak banyak memiliki guru. Di antara guru beliau adalah Imam Asy-Syafi’i, ‘Ali bin Ma’bad bin Saddad Al-Bashry, Nu’aim bin Hammad, dan Ashbagh bin Nafi’ dan yang lainnya. Dan Al-Imam Asy-Syafi’i merupakan guru beliau yang paling dominan. Jadi diantara guru-guru Al-Imam Al-Muzani, Al-Imam Asy-Syafi’i lah yang paling banyak beliau berguru kepadanya.

Beliau rahimahullah berkata, maksudnya Al-Muzani berkata, “Aku membaca kitab Ar-Risalah karya Asy-Syafi’i sebanyak 500 kali, dan setiap kali aku membacanya, aku dapati faedah yang baru”.

Tazkiyah Ulama terhadap beliau

500 kali baca kitab Ar-Risalah dan Al-Muzani termasuk seorang guru yang banyak mencetak ulama. Sebagaimana dikatakan oleh Al-Imam Adz-Dzahabi rahimahullah dalam kitab Siyar A’laamin Nubalaa` bahwa, “Banyak ulama yang meriwayatkan dari beliau ini, baik dari kalangan ulama wilayah Timur maupun Barat.” Maksudnya Timur, Barat, dari Madinah.

As-Subki rahimahullah berkata, “Banyak ulama yang mengambil ilmu dari Al-Muzani, baik dari Khurasan, Irak, maupun Syam.

Murid-murid beliau

Dan diantara murid beliau adalah Abu Bakar Ibnu Khuzaimah (wafat th. 327 H) Al-Imam Ibnu Khuzaimah yang menulis kitab At-Tauhiid yang wafat th. 327 H, demikian pula Abu Ja’far Ath-Thahawi (wafat th. 321 H), Abu Muhammad ‘Abdurrahman bin Abi Hatim Ar-Razi (wafat th. 327 H).

Berikut ini di antara wasiat Imam Asy-Syafi’i rahimahullah untuk murid beliau ini, Imam Al-Muzani:

اِتَّقِ اللهَ، َومَثِّل الآخِرَةَ فِي قَلْبِكَ، وَاجْعَلِ الَمَوْتِ نَصْبَ عَيْنَيْكَ، وَلَا تَنْسَ مَوْقِفَكَ بَيْنَ يَدَيِ اللهِ، وَكُنْ مِنَ اللهِ عَلى وَجَلٍ، وَاجْتَنِبْ مَحَارِمَهُ، وأدِّ فَرَائِضَهُ، وَكُنْ مَعَ اللهِ حَيْثُ كُنْتَ، وَلَا تَسْتَصْغِرَنَّ نِعَمِ اللهِ عَلَيْكَ، وَإِنْ قَلَّتْ، وَقَابِلْها بِالشُّكْرِ.
“Bertakwalah kepada Allah dan wujudkan akhirat di hatimu, jadikanlah kematian di hadapanmu dan jangan kau lupakan keberadaanmu di hadapan Allah (ketika dihisab), hendaklah senantiasa merasa takut kepada Allah, jauhi larangan-Nya dan tunaikan kewajiban-Nya, hendaklah senantiasa merasa diawasi Allah dimana saja kamu berada, dan janganlah kau remehkan nikmat Allah walaupun sedikit lalu balaslah nikmat itu dengan syukur.” (Diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi dalam Manaaqib Asy-Syafi’iy (II/295). Lihat Ta’liiqah ‘ala Syarhis Sunnah (hlm. 31) karya Syaikh Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr).
Al imam Ibnu ‘Abdil Barr rahimahullah berkata:
“Beliau adalah murid Imam Asy-Syafii yang paling tajam dalam an-nazhar maksudnya dalam penelitian, pemahamannya sangat teliti lagi cerdas, tulisan dan ringkasan-ringkasannya tersebar di seluruh penjuru dunia, ke timur dan ke barat. Beliau adalah orang yang bertakwa lagi wara’, dan paling sabar hidup dalam kekurangan dan kefakiran”.

Karya-karya beliau

Di antara karya-karya beliau:
  • Ahkaamul Qur`aan
  • At-Targhiib fil ‘Ilmi
  • Al-Jaami’ul Kabiir
  • Al-Mabsuuth fil Furuu’
  • Al-Mukhtasharul Kabiir
  • Mukhtasharul Muhktashar, dan
  • Demikian pula kitab Syahus Sunnah, yang sedang kita kaji ini.
Beliau rahimahullah wafat pada tahun 264 H di Mesir pada usia 89 tahun.

Sahabat sekalian demikianlah sekilas tentang biografi Al-Imam Muzani. Semoga bermanfaat

Akhukum fillah
Abu Sumayyah Beni Sarbeni,

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.