F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Halaqah 5 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 05: Tafsir Surat Al Ashr

Halaqah 5 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 05: Tafsir Surat Al Ashr
🆔 Group WA HSI AbdullahRoy
🌐 edu.hsi.id
🔊 Halaqah 5 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 05: Tafsir Surat Al-'Ashr
👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A.

Halaqah 5 ~ Pengantar Al Ushulu AtsTsalatsah Bagian 05: Tafsir Surat Al-'Ashr

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Tafsir Surat Al-'Ashr

Kemudian beliau mengatakan :

والدليل قوله تعلى:

Dan Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Taala
بسم الله الرحمن الرحيم
وَالْعَصْرِ
إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Dalil dari 4 perkara ini kata beliau adalah apa yang ada didalam surat Al Asr, surat yang terdiri 3 ayat namun memiliki makna yang sangat dalam

وَالْعَصْرِ
Demi Masa,
Kata Allah Subhanahu wa Taala dan Allah bersumpah dengan apa yang Dia kehendaki bersumpah dengan Masa, bersumpah dengan Matahari, dengan Bulan dengan Langit, namun seorang makhluk tidak boleh bersumpah kecuali dengan nama Allah, mengatakan billah, waAllah.

Adapun Allah Subhanahu wa Taala maka bersumpah sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah Subhanahu wa Taala.

Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, sesungguhnya manusia – الْإِنسَانَ – maksudnya adalah an-Naas, seluruh manusia berada didalam kerugian – إِلَّا – kecuali kata Allah, ada diantara manusia yang mereka tidak rugi.

Siapa mereka?

الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Mereka adalah:
  1. الَّذِينَ آمَنُوا – orang yang beriman.
  2. وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ – dan orang yang beramal sholeh.
  3. وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ – saling menasehati dengan kebenaran.
  4. وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ – saling menasehati dengan kesabaran.

Perhatikan firman Allah – إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا – kecuali orang yang beriman, orang yang beriman tidak mungkin dia bisa beriman kecuali apabila dia mengilmui apa yang dia imani. Bagaimana dia bisa beriman kepada Allah kalau dia tidak mengenal Allah Subhanahu wa Taala, bagaimana dia bisa mengenal Nabi Muhammad /beriman dengan Nabi Muhammad kalau dia tidak mengenal siapa Nabi Muhammad ﷺ.

Oleh karena itu firman Allah

الَّذِينَ آمَنُوا
Ini berisi tentang dorongan untuk berilmu.

Yang kedua
وَعَمِلُوا الصَّالِحَات

Beramal sholeh ini adalah dalil kewajiban untuk beramal.

ِوَتَوَاصَوْا بِالْحَق

Dan saling berwasiat dengan kebenaran, ini adalah dalil tentang dakwah. Seseorang saling berwasiat saling menasehati satu dengan yang lain untuk berilmu untuk beramal dan ini dinamakan dengan dakwah.

Yang terakhir
ِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Saling berwasiat dengan kesabaran. Ini adalah dalil perkara yang keempat ashobru alaladzabi bersabar didalam rintangan yang dihadapi dalam menuntut ilmu beramal dan juga berdakwa.

Ini adalah dalil yang beliau sebutkan tadi tentang 4 perkara yang wajib dipelajari seorang muslim.

Kemudian beliau membawakan ucapan Imam Asy Syafii


قال الشافعي -رحم الله-

Berkata Imam Syafii rahimahullah (semoga Allah merahmatinya)
Dan Imam Syafii adalah Muhammad bin Idris dan beliau adalah salah satu Imam yang empat yang dikenal kaum muslimin yang beliau lahir pada th 150 H dan meninggal pada tahun 204 H, beliau mengatakan/menafsirkan tentang apa yang ada didalam surat Al-Ashr;

لو ما أنزل الله حجة على خلقه إلا هذه السورة لكفتهم

Beliau mengatakan, "seandainya Allah tidak menurunkan sebuah hujjah untuk makhluknya kecuali surat ini, niscaya itu sudah cukup bagi mereka".

Kenapa demikian, karena didalam surat Al-Ashr ada pondasi-pondasi yang tadi kita sebutkan, kewajiban untuk menuntut Ilmu dan menuntut Ilmu mencakup semua perkara, demikian pula beramal dan disebutkan didalamnya dakwah dan disebutkan didalamnya kesabaran.

Ini adalah pondasi-pondasi yang apabila dipahami oleh seorang muslim maka ini sudah cukup untuk dia.

Ini adalah ucapan Imam Asy Syafii yang menyebutkan tentang keutamaan surat Al-Asr ini, bahwasanya didalamnya ada hujjah seandainya Allah Subhanahu wa Taala tidak menurunkan kepada makhlukNya/kepada hambaNya kecuali surat Al-Ashr ini niscaya ini sudah cukup bagi mereka untuk mendorong mereka mempelajari ilmu agama, untuk beramal sholeh demikian pula untuk berdakwah dan bersabar didalamnya.

Kemudian beliau membawakan ucapan Imam Bukhori,

Dan Imam Bukhori adalah Muhammad bin Ismail dan beliau adalah seorang muhadits yang memiliki kitab Shohih al-Bukhori yang merupakan kitab yang paling shahih setelah al-Quran dan beliau meninggal dunia pada tahun 256 H.

و قال البخاري -رحمه الله – 《باب: العلم قبل القول والعمل》. والدليل قوله تعالى – فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ۗ

Bab Ilmu sebelum ucapan dan juga amalan.
Imam Bukhori rahimahullah ingin menyampaikan kepada kita didalam kitabnya (karena disana beliau membuat bab-bab, disana ada bab alief, bab ba dst dan diantaranya bab yang beliau sebutkan adalah 《باب: العلم قبل القول والعمل》bab bahwasanya Ilmu itu sebelum ucapan dan juga amalan.

Seserang sebelum mengucapkan maka dia harus mengilmui apa yang dia ucapkan, seseorang sebelum beramal maka dia harus mengilmui apa yang diamalkan. Ini maksudnya, mendorong kepada seseorang sebelum dia mengucapakan sesuatu dan mengamalkan sebuah ibadah hendaknya dia mengilmui bahwasanya ucapan tersebut memang ada dasarnya demikian pula amalan tersebut ada dasarnya didalam syariat.

Kemudian beliau mengatakan dan dalilnya (kata Imam Bukhori) adalah firman Allah Subhanahu wa Taala

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ

Ketahuilah bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah – وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ – kemudian memohon ampunlah untuk Allah Subhanahu wa Taala.

Pertama Allah mengatakan – فَاعْلَمْ – ini adalah dorongan untuk mengilmui/mempelajari, kemudian setelah itu Allah mengatakan – وَاسْتَغْفِرْ – baru setelah itu memohon ampunlah kepada Allah, artinya berilmu dulu baru beramal.

Kemudian beliau mengatakan :

فبدأ بالعلم قبل القول والعمل

Maka Allah Subhanahu wa Taala memulai dengan Ilmu – قبل القول والعمل -sebelum mengucapkan dan sebelum perbuatan.

Inilah yang ingin disampaikan oleh Syaikh rahimahullah didalam muqoddimah dan insyaAllah akan kita lanjutkan pada kesempatan yang akan datang.


بِاللَّهِ التَّوْفِيْقِ وَ الْهِدَايَةِ
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ ووَبَرَكَاتُهُ

Saudaramu,
‘Abdullāh Roy
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.