F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-255: Bab 22 Nasihat ~ Pembahasan Surah Al-Araf Ayat 62

Audio ke-255: Bab 22 Nasihat ~ Pembahasan Surah Al-Araf Ayat 62
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-488
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 JUM'AT, 14 Rajab 1445 H / 26 Januari 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-255: Bab 22 Nasihat ~ Pembahasan Surah Al-A'raf Ayat 62

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Thayyib.
Selanjutnya, firman Allah di surat Al-A'raf ayat 62.

{ أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَأَنْصَحُ لَكُمْ وَأَعْلَمُ مِنَ اللهِ مَا لَا تَعْلَمُون }
"Aku sampaikan kepadamu amanat-amanat Rabbku, dan aku memberi nasihat kepadamu, dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui."
Ini, subhanallah.
Allah Subhanahu wa Ta'ala menceritakan tentang Nabi Nuh 'Alaihissalam. Bagaimana Nabi Nuh 'Alaihissalam yang selama 950 tahun hidup bersama kaumnya; mengajak mereka kepada Allah 'Azza wa Jalla, menyuruh mereka untuk mentauhidkan Allah. Sama kaumnya dicaci-maki, dituduh dengan tuduhan yang macam-macam.

Kemudian beliau mengatakan kepada kaumnya,

{ أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي }
Aku ini hanya menyampaikan risalah Rabbku,

{ وَأَنْصَحُ لَكُمْ }
dan sesungguhnya aku menginginkan kebaikan buat kalian.
Nasihat adalah ungkapan yang mengekspresikan ingin kebaikan buat orang lain.

{ وَأَنْصَحُ لَكُمْ }
dan aku memberikan nasihat, aku ingin kebaikan buat kalian,
{ وَأَعْلَمُ مِنَ اللهِ مَا لَا تَعْلَمُون }
dan Allah berikan kepada aku ilmu yang kalian enggak dapat.
Karena memang kalau kita ingin memberikan nasihat kepada orang, kita harus punya ilmu. Yang dengan ilmu itu kita bisa menjelaskan, Ini salah loh, yang betul seperti ini. Ini hak dan ini batil.

Nabi Ibrahim 'Alaihissalam ketika memberikan nasihat kepada ayahnya, dia mengatakan,

{ يَا أَبَتِ إِنِّي قَدْ جَاءَنِي مِنَ الْعِلْمِ مَا لَمْ يَأْتِكَ فَاتَّبِعْنِي أَهْدِكَ صِرَاطًا سَوِيًّا }
"Wahai Ayahandaku! Sesungguhnya telah datang kepada aku sebuah ilmu yang tidak datang kepadamu, maka tolong ikuti aku, aku akan tunjukkan kepadamu jalan yang lurus."(QS. Maryam: 43)
Itu memberi nasihat. Jadi, menginginkan kebaikan buat orang lain. Dan Nabi Nuh 'Alaihissalam enggak pernah putus asa menyampaikan kepada kaumnya, menginginkan kebaikan buat orang lain.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.