F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-168: Bab 13 Penjelasan tentang Banyaknya Jalan Menuju Kebaikan ~ Surah Al-Baqarah Ayat 197

Audio ke-168: Bab 13 Penjelasan tentang Banyaknya Jalan Menuju Kebaikan ~ Pembahasan Surah Al-Baqarah Ayat 197
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-401
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU, 11 Rabi’ul Awwal 1445 H / 27 September 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-168: Bab 13 Penjelasan tentang Banyaknya Jalan Menuju Kebaikan ~ Pembahasan Surah Al-Baqarah Ayat 197


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ


Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Thayyib. Ayat kedua.

{ ٱلْحَجُّ أَشْهُرٌ مَّعْلُومَٰتٌ ۚ فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ ٱلْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِى ٱلْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ ٱللهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ ۚ وَٱتَّقُونِ يَٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ }
"(Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barang siapa yang mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah ia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat, dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku, wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat."(QS. Al-Baqarah: 197)
Di ayat 215, Allah berbincang tentang shadaqah, tentang berinfak; di ayat ini berbincang tentang haji. Dan subhanallah, kita tahu tidak semua orang bisa berinfak. Tapi kebaikan itu bukan hanya berinfak harta. Banyak kebaikan yang sebentar lagi kita akan kaji dari hadits-hadits Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam.

Di ayat 197 berbincang tentang haji, yang kita tahu tidak semua orang bisa haji. Allah sebutkan beberapa aturan ketika orang berangkat haji. Lalu Allah mengatakan,

{ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُ }
"Apa saja segala kebaikan yang kalian lakukan, Allah mengetahuinya."
Ini sebuah kabar gembira, dan sebuah ancaman untuk orang-orang yang beramal keburukan yang meninggalkan kebaikan. Tapi sejatinya sebagai kabar gembira buat para pelaku kebaikan. Kebaikan apa pun, mau infak, mau shalat, mau dzikir, mau merenungkan ciptaan Allah, itu Allah mengetahui.

Tadi Allah sebutkan, kalian harus bawa bekal. Nih buat jamaah haji, harus bawa bekal! Bekal supaya enggak minta-minta di jalan, bekal supaya paham bagaimana pelaksanaan ibadah haji.

Orang mau jalan-jalan bawa bekal agar dia tidak tersesat dalam perjalanan, agar dia tidak terputus sehingga menyusahkan orang, perjalanan dia. Dan sebaik-baiknya bekal adalah ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Itu bekal terindah. Kalau uang yang ada di dompetmu bisa hilang, bisa dicopet di sana, bisa tertinggal. Tapi kalau takwa yang kau bawa, maka engkau akan mendapatkan segala sesuatu. Karena,

{ وَمَنْ يَتَّقِ اللهِ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا }
"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan berikan kepada dia jalan keluar."
Tapi yang jelas, Allah menyebutkan di sini,

{ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ ٱللهُ }

Bukan hanya ketika musim haji. Di mana pun engkau berada, kapan pun, Allah mengetahui dari banyaknya kebaikan itu, Jamaah.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.