F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-165: Bab 12 Anjuran untuk Memperbanyak Amalan Kebaikan di Akhir Usia ~ Pembahasan Hadits Anas

Audio ke-165: Bab 12 Anjuran untuk Memperbanyak Amalan Kebaikan di Akhir Usia ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-398
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 JUM'AT, 06 Rabi’ul Awwal 1445 H / 22 September 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-165: Bab 12 Anjuran untuk Memperbanyak Amalan Kebaikan di Akhir Usia ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ


Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Kita lanjutkan kajian kita.

عَنْ أََنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : إِنَّ اللهَ - عَزَّ وَجَلَّ - تَابَعَ الْوَحْيَ عَلَى رَسُولِهِ ﷺ قَبْلَ وَفَاتِهِ ، حَتَّى تُوُفِّيَ أَكْثَرَ مَا كَانَ الْوَحْيُ عَلَيْهِ . ❊ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ [ الْبُخَارِيُّ (٤٩٨٢)، وَمُسْلِمٌ (٣٠١٦) ] .

Dari Anas radhiyallahu 'anhu, dia berkata, "Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala lebih banyak menurunkan wahyu kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pada masa-masa sebelum Beliau wafat di akhir usia Beliau, sampai akhirnya Beliau wafat."
(Muttafaqun 'alaih)

Subhanallah, Jamaah.
Ini berkaitan dengan memperbanyak amal saleh di akhir hayat kita. Bagaimana Allah Jalla Jalaluh menurunkan kepada Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam, Al-Qur'an yang merupakan petunjuk bagi umat manusia, petunjuk buat orang-orang yang bertakwa, itu lebih banyak turunnya di akhir hayat Beliau.

Ketika di Mekah, kebanyakan yang turun kepada Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam itu surat-surat pendek. Suratnya banyak, tapi pendek-pendek. Berbeda dengan yang turun di akhir hayat Beliau Shallallahu 'alaihi wasallam, panjang-panjang. Di sini menunjukkan keutamaan membaca Al-Qur'anul Karim.

Di akhir hayatnya, Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam dikasih lebih banyak lagi wahyu sama Allah Subhanahu wa Ta'ala. Persiapan untuk kematian Beliau, untuk kesempurnaan agama Allah ini.

Dan kita semua paham tentang keutamaan membaca Al-Qur'anul Karim. Kata Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam,

❲ إقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ ❳
“Kalian baca Qur'an, (sebab) dia akan datang pada hari kiamat memberikan syafa'at kepada orang-orang yang membacanya."
Dan ini kesempatan selagi hayat masih di kandung badan. Artinya, masih ada waktu bagi kita. Mungkin selama di masa muda kita, kita enggak sempat baca Qur'an karena kesibukan kerjaan kita. Kita tidak sempat mentadabburi Al-Qur'anul Karim, padahal Allah menyuruh kita mentadabburinya. Kita tidak sempat mendalami Al-Qur'anul Karim, tapi dikasih waktu sama Allah. Maka lakukan itu! Karena ada keutamaan yang berbeda dengan membaca Al-Qur'anul Karim dan mentadabburinya.

Allah mengatakan,

{ أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ ٱلْقُرْءَانَ }
"Apakah orang-orang itu tidak mentadaburi Al-Qur'an?"(QS. An-Nisaa: 82)
Ini buat orang-orang yang mengatakan futur, yang dia merasa jauh dari Allah, imannya turun, baca Al-Qur'anul Karim! Masih lemah imannya, tambahin lagi Al-Qur'anul Karim, tambahin bacaannya.

Kalau dia mengatakan, Ustadz, ana lagi futur nih, Ustadz. Ana biasa baca satu juz jadi setengah juz.
Sekarang jadi dua juz bacaannya! Karena ada kemuliaan yang besar sekali dalam Al-Qur'anul Karim.

Bayangkan, Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam di akhir hayatnya itu malah wahyu diturunkan kepada Beliau lebih banyak lagi, untuk menyempurnakan agama Allah ini. Berapa tahun turun wahyu kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam? Na'am, 23 tahun. 23 tahun: 13 tahun di Mekah, kebanyakan surat-surat pendek; 10 tahun di Madinah, banyaknya surat-surat panjang. Al-Baqarah turun di Madinah, Ali Imran di Madinah, An-Nisaa di Madinah, Al-Maidah di Madinah, yang merupakan surat-surat yang panjang turunnya kepada Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam ketika Beliau telah sampai ke kota Madinah, khususnya di akhir hayat Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam. Sehingga Nabi sudah menyampaikan semua yang diperlukan oleh umat ini sampai hari kiamat kelak.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.