F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-130 Barangsiapa Yang Mengingkari Kerasulan Muhammad, Maka Dia Telah Mengingkari Semua Rasul

Audio ke-130 Barangsiapa Yang Mengingkari Kerasulan Muhammad, Maka Dia Telah Mengingkari Semua Rasul
🌐 WAG Dirosah Islamiyah Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad
🗓 JUM’AT | 20 Dzulqa’dah 1444 H | 09 Juni 2023 M
🎙 Oleh : Ustadz DR. Abdullah Roy M.A. حفظه الله تعالى
🔈 Audio ke-130

📖 Barangsiapa Yang Mengingkari Kerasulan Muhammad, Maka Dia Telah Mengingkari Semua Rasul


بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله رب العالمين، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ صلى الله عليه وعلى آله وصحبه والتابعين لهم بإحسانٍ إلى يوم الدين وسلم تسلما كثيرا. أَمَّا بَعْدُ


Alhamdulillah kembali kita dipertemukan kembali oleh Allah Azza wa Jalla di dalam pembahasan Kitab Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Dan kita masih berada pada pembahasan beriman kepada para rasul Allah.

Kemudian setelahnya beliau mengatakan,

ونرى أن من كفر برسالة محمد صلا الله عليه و سلم إلى الناس جميعا فقد كفر بجميع الرسل حتى برسوله الذي يزعم أنه مؤ من به متبع له

Beliau mengatakan, "Dan kami memandang (melihat), yaitu Ahlus Sunnah wal Jama’ah memandang (melihat), bahwasanya orang yang kufur (mengingkari) برسالة محمد (kerasulan nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam) kepada seluruh manusia."

Mengatakan bahwasanya nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam ini diutus kepada orang arab saja. Mengatakan (meyakini) bahwasanya beliau adalah rasulullah, tapi kata mereka, "Rasulullah hanya untuk orang arab saja bukan untuk kami".

Bagaimana hukumnya orang yang seperti ini?

Kalau orang yang mengingkari kerasulan beliau jelas, mengatakan bahwasanya beliau adalah bukan seorang rasul jelas kekufurannya.

Bagaimana dengan orang yang mengatakan bahwasanya beliau adalah rasul tapi hanya untuk orang arab. Syeikh di sini menjelaskan فقد كفر بجميع الرسل (sungguh dia telah kufur dengan seluruh para rasul).

Jadi orang yang mendustakan nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam kemudian mengatakan bahwasanya dia hanya untuk orang arab sedangkan telah diutus kepada kami rasul yang lain, maka sebenarnya dia telah mendustakan dan kufur kepada seluruh para rasul semuanya, termasuk di antaranya rasul yang dia menyangka bahwasanya dia telah beriman kepada rasul tadi.

Kaum Nasrani, banyak di antara mereka yang mengatakan ucapan ini, “Muhammad hanya untuk orang Arab, kami beriman kepada Isa saja”. Ketika mereka mendustakan dan mengatakan bahwasanya Muhammad adalah hanya untuk orang arab saja, pada hakekatnya mereka telah mendustakan nabi yang mereka imani yaitu mendustakan nabi Isa 'alaihissalam.

Pada hakekatnya dia mendustakan Isa dan juga seluruh para rasul.

فقد كفر بجميع الرسل حتى برسوله الذي يزعم أنه مؤ من به

Sampai rasul yang mereka sangka bahwasanya mereka beriman kepadanya متبع لهmengikuti beliau, maka pada hakekatnya mereka telah kufur dan mengingkari serta mendustakan rasul tadi.

Kenapa bisa demikian? Karena para rasul alaihimussalam yang mereka bawa intinya adalah sama yaitu dakwah kepada tauhid.

Ketika kita mengetahui bahwasanya dakwah mereka adalah satu yaitu dakwah tauhid, kalau didustakan satu di antara mereka pada hakekatnya yang didustakan adalah semuanya. Karena mereka membawa sesuatu yang satu, inti yang satu, yaitu dakwah kepada tauhid. Hingga orang yang mengkufuri dan mengingkari kerasulan seorang nabi sama saja dia telah mengingkari keseluruhan. Dan ini adalah sebuah kekufuran.

Dan ucapan mereka yang mengatakan, “Kami beriman, bahwasanya dia adalah seorang rasul tapi hanya untuk orang arab saja”. Ini kalau kita telusuri ucapan ini, pada hakekatnya ada pertentangan. Ketika mereka mengatakan "dia adalah seorang rasul", seharusnya dia membenarkan apa yang diucapkan.

Ketika dia mengatakan, “oh iya muhammad adalah rasulullah”. Harusnya dia membenarkan setiap apa yang dia ucapkan dan di antara ucapan beliau bahwasanya beliau diutus untuk seluruh manusia. Harusnya mereka juga membenarkan ucapan ini. Hanya ucapan mereka ini adalah tanaqudh (ada pertentangan).

InsyaAllah kita lanjutkan pada pertemuan yang akan datang.

والله تعالى أعلم
وبالله التوفيق و الهداية
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

•┈┈┈•◈◉◉◈•┈┈┈•
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.