F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-140 Umat Islam Adalah Sebaik-baik Umat Dan Paling Mulia Di Sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala

Audio ke-140 Umat Islam Adalah Sebaik-baik Umat Dan Paling Mulia Di Sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala
🌐 WAG Dirosah Islamiyah Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad
🗓 JUM’AT | 04 Dzulhijjah 1444 H | 23 Juni 2023 M
🎙 Oleh : Ustadz DR. Abdullah Roy M.A. حفظه الله تعالى
🔈 Audio ke-140

📖 Umat Islam Adalah Sebaik-baik Umat Dan Paling Mulia Di Sisi Allāh Subhānahu wa Ta’āla


بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله رب العالمين، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ صلى الله عليه وعلى آله وصحبه والتابعين لهم بإحسانٍ إلى يوم الدين وسلم تسلما كثيرا. أَمَّا بَعْدُ


Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla. Kembali kita dipertemukan oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla, dalam pembahasan kitab Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Masih kita membahas tentang beriman kepada para rasul.

Kemudian beliau rahimahullah mengatakan:

ونؤمن بأن هذه الأمة خير الأمم

Dan kita (Ahlus Sunnah wal Jama'ah) beriman (meyakini) bahwasanya umat ini (umat Islam) adalah sebaik-baik umat, lebih baik daripada umat-umat sebelum kita termasuk di antaranya Bani Israil.

Yang dikatakan oleh Allah Azza wa Jalla:

وَأَنِّى فَضَّلْتُكُمْ عَلَى ٱلْعَـٰلَمِينَ
"Dan aku telah memuliakan kalian di atas seluruh alam.” [QS Al-Baqarah: 47 dan 122]
Umat Islam (umat Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam) adalah خير الأمم (sebaik-baik manusia) و أكرمها على الله عز وجل (dan mereka adalah yang paling mulia di sisi Allah Azza wa Jalla).

Di sisi manusia mungkin sebagian mengatakan, "Ini lebih afdhal daripada kaum muslimin", tetapi di sisi Allah yang paling mulia adalah umat Islam.

Apa dalilnya?

لقوله تعالى: كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ
"Kalian (kaum muslimin umatnya Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam) adalah sebaik-baik umat yang dikeluarkan untuk manusia.” [QS Ali-Imran: 110]
Di antara umat-umat yang ada, maka sebaik-baik umat adalah umatnya Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam, sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam adalah sebaik-baik nabi, maka umat beliau adalah sebaik-baik umat.

أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ
"Yang dikeluarkan untuk manusia.”
Kenapa kaum muslimin memiliki khairiyyah? Ditetapkan oleh Allah sebagai sebaik-baik umat? Karena mereka memiliki sifat ini,

تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ

  1. Kalian memerintahkan kepada kebaikan.
  2. Kalian melarang dari kemungkaran.
Menunjukkan bahwasanya kita (umat Islam) adalah umat yang semangat untuk beramar ma'ruf nahi munkar. Bukan cuek (tidak peduli) dengan yang lain, sebagaimana dia senang dan bahagia mendapatkan kebaikan maka dia berusaha untuk menyampaikan kebaikan tadi kepada orang lain.

Melihat saudaranya malas melakukan kebaikan, maka dia memerintahkan untuk berbuat baik.
"Ya Fulan, hendaklah kita mempersiapkan diri untuk hari akhir, semangatlah untuk beramal, lihat keadaan orang-orang shalih, mereka tenteram hidupnya".
Melihat saudaranya melakukan kemungkaran, melarangnya dari kemungkaran dan tidak membiarkannya, karena dia adalah saudaranya seislam (seagama).

وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ
"Dan kalian beriman kepada Allah.”
Jadi beramar ma'ruf nahi munkar disertai dengan keimanan kepada Allah, inilah yang menjadikan umat Islam menjadi umat yang khair (sebaik-baik umat).

Karena itu hendaklah kita menghidupkan syiar ini, adapun Bani Israil yang Allah katakan وَأَنِّى فَضَّلْتُكُمْ عَلَى ٱلْعَـٰلَمِينَ, ini maksudnya adalah kelebihan Bani Israil dibandingkan umat sebelumnya.

Adapun setelah kedatangan umat Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam maka yang paling afdhal (yang paling baik) adalah umatnya Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam.

Jadi firman Allah وَأَنِّى فَضَّلْتُكُمْ عَلَى ٱلْعَـٰلَمِينَ bukan berarti Bani Israil lebih baik daripada kita. Mereka paling baik dibandingkan dengan umat-umat sebelumnya atau umat-umat yang sezaman dengan mereka, adapun setelah kedatangan umat Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam maka sebagaimana firman Allah:

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ
"Kalian adalah sebaik-baik manusia yang dikeluarkan kepada manusia.”
In sya Allah, akan kita lanjutkan pada kesempatan yang akan datang, semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberikan taufiq kepada kita untuk seluruh kebaikan.

وبالله التوفيق و الهداية
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

•┈┈┈•◈◉◉◈•┈┈┈•
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.