F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-127 Syariat Nabi Muhammad Adalah Agama Islam dan Allah Tidak Menerima Agama Selain Islam 01

Audio ke-127 Syariat Nabi Muhammad Adalah Agama Islam dan Allah Tidak Menerima Agama Selain Islam Bagian Pertama
🌐 WAG Dirosah Islamiyah Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad
🗓 SELASA | 17 Dzulqa’dah 1444 H | 06 Juni 2023 M
🎙 Oleh : Ustadz DR. Abdullah Roy M.A. حفظه الله تعالى
🔈 Audio ke-127

📖 Syariat Nabi Muhammad Adalah Agama Islam dan Allah Tidak Menerima Agama Selain Islam Bagian Pertama


بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله رب العالمين، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ صلى الله عليه وعلى آله وصحبه والتابعين لهم بإحسانٍ إلى يوم الدين وسلم تسلما كثيرا. أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah, kembali kita dipertemukan oleh Allah Azza wa Jalla, dalam pembahasan kitab Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Dan kita masih berada pada pembahasan beriman kepada para rasul Allah.

Kemudian setelahnya beliau mengatakan:

ونؤمن بأن شريعتة ﷺ هي دين الإسلام الذي ارتضاه الله تعالى لعباده
Di antara keyakinan kita (Ahlus Sunnah wal Jama'ah) beriman bahwasanya syari'at Beliau shallallahu 'alayhi wa sallam adalah agama Islam, yang telah Allah ridhai agama tersebut untuk para hambanya.
Ini keyakinan Ahlus Sunnah wal Jama'ah bahwasanya syari'at Beliau shallallahu 'alayhi wa sallam adalah agama Islam yang diridhai oleh Allah.

و أن الله تعالى لا يقبل من أحد دينا سواه
"Dan bahwasanya keyakinan kita, Allah tidak akan menerima dari seorang pun sebuah agama kecuali agama Islam.”
Ini keyakinan Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Jadi agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam, inilah yang diridhai oleh Allah, selainnya Allah tidak ridha, dan bahwasanya Allah tidak menerima dari seorang pun siapapun dia, دينا (sebuah agama) سواه (kecuali agama Islam yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam).

Dan perlu kita ketahui bahwasanya Al-Islam terkadang maknanya umum dan terkadang maknanya khusus.

Islam dengan makna umum yaitu agama Islam, agama yang dipeluk seluruh nabi, maka para nabi agamanya adalah satu yaitu agama Islam. Karena makna Islam adalah penyerahan diri. Penyerahan diri kepada siapa? Kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Dan seluruh nabi dan rasul, seluruhnya menyerahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, menyerahkan ibadahnya kepada Allah, menjauhi kesyirikan, menjauhi tawakal kepada selain Allah, berdoa kepada selain Allah, total seluruh ibadahnya hanya untuk Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Maka seluruh nabi agamanya adalah demikian, dan mereka mengajak manusia untuk beribadah hanya kepada Allah, sehingga agama mereka adalah satu yaitu agama Al-Islam yang mengajak dan menyeru kepada penyerahan kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla. Sehingga didalam sebuah hadits Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam mengatakan:

الْأَنْبِيَاءُ إِخْوَةٌ لِعَلَّاتٍ، أُمَّهَاتُهُمْ شَتَّى وَدِينُهُمْ وَاحِدٌ
"Para nabi mereka adalah إخوَةٌ لعَلَّاتٍ (diumpamakan mereka ini saudara-saudara satu bapak beda ibu), أُمَّهَاتُهُمْ شَتَّى (ibu-ibu mereka berbeda, maksudnya adalah syari'at mereka berbeda) akan tetapi agama mereka satu (Islam).”
Ibu-ibu mereka berbeda (maksudnya adalah syari'at mereka berbeda), sebagian mungkin shalatnya berapa raka'at sebagian yang lain shalatnya berapa raka'at, dihalalkan untuk sebagian nabi dan di haramkan untuk sebagian yang lain.

Agama mereka satu yaitu Islam, semuanya beribadah kepada Allah tetapi tata-tata cara mereka beribadah mungkin berbeda satu dengan yang lain, tetapi yang disembah satu yaitu Allah (caranya saja yang berbeda).

Siapa yang membedakan? Allah, Dialah yang Al-Hakim yang Maha Bijaksana.

Mungkin sebuah cara cocok bagi satu kaum tetapi tidak cocok bagi kaum yang lain, dan Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberikan hukum sesuai dengan apa yang dia kehendaki, dan Dialah yang lebih mengetahui daripada kita tentang apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Inilah Islam secara umum.

Dan di sana ada makna Islam secara khusus yaitu Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam, maka ini adalah agama Islam. Agama seluruh nabi adalah Islam termasuk agama Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam adalah Islam.

Karena kita datang setelah Beliau shallallahu 'alayhi wa sallam, maka kewajiban kita adalah beriman dengan beliau dan mengikuti syari'at agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam.
  • Nabi Isa alayhissallam, membawa agama Islam.
  • Nabi Musa alayhissallam, membawa agama Islam.
Tapi itu hanya untuk umatnya.

Adapun Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam, di antara kelebihannya adalah untuk seluruh manusia termasuk di antaranya kepada kita.

Karena itu kewajiban kita adalah mengikuti Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam.

In sya Allah, kita lanjutkan pada pertemuan yang akan datang.

والله تعالى أعلم
وبالله التوفيق و الهداية
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

•┈┈┈•◈◉◉◈•┈┈┈•
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.