F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Halaqah 16 ~ Ziarah Masjid Quba Bagian 04

Halaqah 16 ~ Silsilah Ziaroh Madinah HSI | Ziarah Masjid Quba Bagian 04

Halaqah 16 ~ Silsilah Ziaroh Madinah | Ziarah Masjid Quba Bagian 04

👤 Ustadz ‘Abdullāh Roy, MA
🔊 Halaqah 16| Ziarah Masjid Quba Bagian 04

ZIARAH MASJID QUBA BAGIAN 4

Halaqah yang ke-16 dari Silsilah Ilmiyyah Ziaroh kota Madinah adalah tentang Ziarah Masjid Quba Bagian 04.

Di antara hal yang berkaitan dengan Masjid Quba bahwa Sholat di perluasan Masjid Quba mendapatkan pahala umroh sebagaimana Apabila seseorang salat di masjid yang asli.

Kemudian diantara hal yang perlu diketahui bahwa Masjid Quba meskipun dia memiliki keutamaan, namun Masjid Nabawi lebih utama daripada Masjid Quba dengan kesepakatan para ulama.

Berkata Ibnu Abdil Barr :
“Sholat di Masjidil Haram atau Masjid Nabi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam atau Masjid Baitil Maqdis lebih afdol daripada sholat di Masjid Quba dengan kesepakatan para ulama” (kitab Al Istikhar jilid yang ke-5 halaman 168)
Oleh karena itu tidak dianjurkan setiap hari Selama di kota Madinah berziarah ke kuba tetapi cukup sekali sepekan sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Sisa waktunya di gunakan untuk memperbanyak sholat di masjid Nabawi.

Dan yang perlu diketahui bahwa tempat menderum nya Onta Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang dia menderum karena perintah Allah adalah di Masjid Nabawi dan bukan di Masjid Quba sebagaimana anggapan sebagian orang.

Hal ini dijelaskan di dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Al-imam Al-bukhari di dalam shahihnya bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tinggal di Bani Amar Ibnu Auf lebih lebih dari 10 hari dan membuat pondasi Masjid Quba Kemudian beliau Sholat di dalamnya Kemudian beliau menaiki onta beliau berjalan menuju kota Madinah sehingga menderum onta beliau Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di tempat Masjid beliau Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di kota Al Madinah

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini, dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

وبا لله التوفيق والهداية
و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Saudaramu,
Abdullah Roy
Di Kota Al Madinah
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.