F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Tiga Landasan Utama – d – Rukun Islam

Tiga Landasan Utama – 30 – Rukun Islam - TSALATSATUL USHUL
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
Grup WhatsApp BELAJAR ISLAM
Pembina : Ustadz Beni Sarbeni, Lc.
https://bis.belajar-islam.net
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
Materi : 📚 TSALATSATUL USHUL 📖 Rukun Islam
Pemateri : Ustadz Beni Sarbeni, Lc. Hafidzhahullahu Ta'ala

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه وَمَنْ وَالاَهُ. أمَّا بعد

Saudara sekalian di grup whatsapp Belajar Islam yang semoga dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, kita lanjutkan kajian kitab Tsalatsatul Ushul karya Syaikh Muhammad Ibnu Abdul Wahab.

Pada pertemuan sebelumnya sudah saya sampaikan tentang tingkatan-tingkatan (maratib) agama Islam. Bahwa tingkatan agama Islam itu ada tiga; (1) Islam, (2) Iman, dan (3) Ihsan. Kemudian penulis pun menyampaikan bahwa setiap tingkatan tersebut memiliki rukun. Maka pada kesempatan ini saya akan menyampaikan tentang,

Rukun Islam

Penulis rahimahullahu berkata,

فأركان الإسلام خمسة : شهادة أن لاإله إلاالله وأن محمد رسول الله وإقام الصلاة ، وإيتاء الزكاة , و صوم رمضان ، وحج بيت الله الحرام.

“Adapun rukun Islam itu ada lima, (1) Syahadat (persaksian) bahwa tidak ada illah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) puasa Ramadan, dan (5) menunaikan ibadah haji ke baitullah al-haram”.

Saudara sekalian yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, jadi demikianlah rukun Islam.

Diantara dalil yang menjadi dasar tentang rukun Islam yang lima ini adalah sabda Nabi Shallallahu alaihi wasallam dalam sebuah hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Al Imam Al Bukhari dan Muslim,

بُنِيَ الإِسلَامُ عَلَى خَمسٍ: شَهَادَةِ أَن لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ،وَحَجِّ، وَصَومِ رَمَضَانَ

Islam itu dibangun di atas 5 perkara (1) syahadat tidak ada illah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) mendirikan salat, (3) menunaikan zakat, (4) berhaji, dan (5) berpuasa Ramadhan.

Saudara sekalian yang dimuliakan oleh Allah, Nabi Shallallahu alaihi wasallam menggambarkan Islam seperti bangunan yang berdiri tegak di atas 5 pondasi. Tentunya jika semua pondasi itu hancur maka hancurlah pula bangunan Islam dari diri seseorang. Demikian pula ketika pondasi yang pertamanya hancur yakni dua kalimat syahadat, ketika dua kalimat syahadatnya batal, maka batal lah seluruh pondasi yang ada setelahnya.

Saudara sekalian demikianlah 5 rukun Islam beserta dalilnya yang insya Allah akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya tentang rukun-rukun Islam tersebut.

Semoga apa yang saya sampaikan dipahami dengan baik dan tentunya bermanfaat bagi kita semuanya.

Akhukum fillah,
Abu Sumayyah Beni Sarbeni

والسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.