F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-99 Para Malaikat Memiliki Amalan-Amalan Bagian Pertama - Aqidah Ahlussunnah Waljama’ah

Audio ke-99 Para Malaikat Memiliki Amalan-Amalan Bagian Pertama
🌐 WAG Dirosah Islamiyah Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad
🗓 KAMIS| 18 Rajab 1444 H | 09 Februari 2023 M
🎙 Oleh : Ustadz DR. Abdullah Roy M.A. حفظه الله تعالى
# Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah
🔈 Audio ke-99

📖 Para Malaikat Memiliki Amalan-Amalan Bagian Pertama

بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله و اصحابه، ومن والاه

Anggota grup whatsapp Dirasah Islamiyyah yang semoga dimuliakan oleh Allah.

Kita lanjutkan pembahasan kitab Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah yang ditulis oleh Fadhilatu Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ta'ala.

Masih kita pada pasal beriman kepada Malaikat.

Berkata syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ta'ala:

ونؤمن بأن للملائكة أعمالا كلفوا بها
"Termasuk di antara keyakinan kami yaitu Ahlus Sunnah wal Jamā‘ah، bahwasanya para malaikat itu memiliki amalan-amalan yang mereka dibebankan untuk melakukan amalan-amalan tadi.“
Jadi selain kita meyakini keberadaan malaikat dan juga meyakini tentang sifat-sifat mereka, sebagaimana hamba-hamba Allah, dan mereka adalah hamba-hamba Allah yang dimuliakan yang tidak pernah mendahului dengan ucapan, segera mereka mengamalkan apa yang diperintahkan.

Maka mereka juga memiliki amalan-amalan (tugas-tugas), Allah Subhanahu wa Ta'ala yang membebankan kepada mereka tugas-tugas ini.

فمنهم جبريل الموكل بالوحي

Di antara mereka adalah malaikat Jibrīl yang ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu. Allah Subhanahu wa Ta'ala berbicara kemudian setelah itu oleh malaikat Jibril disampaikan kallamullah tadi (wahyu dari Allah tadi) disampaikan kepada orang yang Allah kehendaki dari kalangan para rasul alayhimsalam. Wahyu adalah kekhususan para nabi dan rasul alayhimsalam.

Di dalam sebuah ayat Allah Subhanahu wa Ta'ala mengatakan:

قُلْ مَن كَانَ عَدُوًّۭا لِّجِبْرِيلَ فَإِنَّهُۥ نَزَّلَهُۥ عَلَىٰ قَلْبِكَ بِإِذْنِ ٱللَّهِ
Katakanlah: "Barangsiapa yang menjadi musuh bagi malaikat Jibril bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menurunkan wahyu tadi عَلَىٰ قَلْبِكَ بِإِذْنِ kepada hatimu dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” [QS Al-Baqarah: 97]
Ayat ini menjadi dalil bahwasanya malaikat Jibril alayhissalām tugasnya adalah menyampaikan wahyu kepada orang yang Allah kehendaki dari kalangan nabi dan juga rasul.

ينزل به من عند الله

Malaikat Jibril turun dengan wahyu tadi من عند الله dari sisi Allah على من يشاء diberikan kepada siapa yang Allah kehendaki,

من أنبيائه و رسله

Dari kalangan para nabi dan juga rasul.

Karena nabi diwahyukan sebagaimana para rasul mereka juga diwahyukan, dan akan datang in sya Allah pembahasan tentang masalah beriman dengan nabi dan juga para rasul.

Ini tugas malaikat Jibril yaitu untuk menyampaikan wahyu dan Jibril alayhissalam ini adalah malaikat yang paling mulia. Pemukanya malaikat adalah malaikat Jibril alayhissalam. Makanya beliau alayhissalam di khususkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu ini dan kehormatan atau kemuliaan malaikat itu dilihat dari kemuliaan amalan yang dia lakukan.

Dia membawa wahyu dari Allah Subhanahu wa Ta'ala dan wahyu di dalamnya ada kehidupan, kehidupan hati bagi manusia, makanya ini adalah tugas yang sangat mulia yang Allah Subhanahu wa Ta'ala bebankan kepada malaikat Jibril alayhissalam dan di antara namanya adalah Ar-Ruhul Al-Amin yaitu ruh yang bisa dipercaya.

Apa yang dia dengar dari Allah Subhanahu wa Ta'ala itulah yang disampaikan tidak ada yang dikurangi atau ditambah.

و منهم ميكائيل الموكل بالمطر و النبات

Di antara mereka yaitu di antara malaikat adalah malaikat Mikail yang ditugasi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan hujan dan juga menumbuhkan tanaman.

Ini adalah tugas malaikat Mikail alayhissalām yaitu menurunkan hujan sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah. Ditempatkan diturunkan di negeri yang mana, sesuai dengan perintah dari Allah demikian pula ditugaskan oleh Allah untuk menumbuhkan tanaman.

Dan ini menunjukkan bagaimana tugas dari malaikat Mikail ini yaitu untuk menurunkan hujan dan menumbuhkan tanaman.

ومنهم إسرافيل الموكل بالنفخ في الصور

Dan di antara mereka adalah malaikat Israfil yang ditugaskan untuk meniup sangkakala.

حين الصعق و النشور

Ketika tiupan sangkakala yang pertama yang menyebabkan kematian makhluk, dan juga tiupan sangkakala yang kedua yang menjadikan manusia bangkit dari kematiannya.

Dan malaikat Israfil adalah malaikat yang ditugaskan untuk meniup sangkakala, dan ini tidak disebutkan baik di dalam ayat atau pun hadits tetapi di sana ada ijma (kesepakatan) para ulama yang dinukil oleh Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullah, "bahwasanya para ulama ber'ijma bahwasanya yang ditugaskan untuk meniup sangkakala adalah Israfil".

Makanya di sini disebutkan oleh syaikh bahwasanya Israfil dia yang ditugaskan untuk meniup sangkakala dan tiupan sangkakala kalau ada, dua kali.

In sya Allah semoga dimudahkan ketika memasuki beriman dengan hari akhir kita akan membahas tentang masalah tiupan sangkakala ini.

Jelas yang pertama adalah الصعق dan yang kedua adalah النشور.

  1. Tiupan sangkakala yang pertama yang menyebabkan manusia meninggal dunia.
  2. Tiupan sangkakala yang kedua, maka dengan ditiupnya sangkakala tadi akan hidup manusia.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ
"Dan ditiup sangkala maka akan meninggal siapa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi kecuali yang dikecualikan oleh Allah, kemudian akan ditiup sangkakala yang lain yaitu tiupan sangkakala yang kedua, maka tiba-tiba mereka bangun (bangkit) dalam keadaan mereka menunggu apa yang akan diputuskan untuk mereka,” [QS Az-Zummar: 68]
Demikian semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada pertemuan yang selanjutnya.

وبالله التوفيق و الهداية
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

•┈┈┈•◈◉◉◈•┈┈┈•
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.