F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Tiga Landasan Utama – e – Istighatsah adalah Ibadah

Tiga Landasan Utama – 24 – Istighatsah adalah Ibadah - TSALATSATUL USHUL
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
Grup WhatsApp BELAJAR ISLAM
Pembina : Ustadz Beni Sarbeni, Lc.
https://bis.belajar-islam.net
▬▬▬▬▬๑๑▬▬▬▬▬
Materi : 📚 TSALATSATUL USHUL 📖 Istighatsah adalah Ibadah
Pemateri : Ustadz Beni Sarbeni, Lc. Hafidzhahullahu Ta'ala

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه وَمَنْ وَالاَهُ. أمَّا بعد

Sahabat Belajar Islam yang semoga diberkahi oleh Allah Rabbul 'alamin. Kita lanjutkan kajian kitab Tsalatsatul Ushul. Dan masih membahas tentang diantara macam-macam ibadah. Kajian kali ini adalah tentang istighotsah,

Dalil Istighatsah Sebagai Ibadah

Penulis Rahimahullah berkata,

ودليل الاستغاثة قولهتعالى(إذ تسثغيثون ربكم فاستجاب لكم)

Dan dalil dari Istighatsah (memohon pertolongan saat sulit) adalah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala (yang artinya), "Ingatlah ketika kamu ber-istighatsah kepada Rabb-mu, lalu diperkenankan-Nya bagimu." (QS. Al-Anfal: 9)

Maksudnya lalu Allah menjawab permohonanmu, mengabulkan apa yang kau minta.

Sahabat sekalian, istighosah adalah meminta pertolongan dalam keadaan sempit. Jadi istighatsah ini hampir sama dengan isti'anah (memohon pertolongan) hanya saja istighatsah itu adalah memohon pertolongan dalam keadaan sempit.

Dalil bahwa istighatsah merupakan ibadah sebagaimana yang disampaikan oleh penulis yaitu Surah Al-Anfal ayat 9

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُم بِأَلْفٍ مِّنَ الْمَلآئِكَةِ مُرْدِفِينَ
"Ingatlah, ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan(dikabulkan)-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” (QS. Al-Anfal: 9)
Sahabat sekalian ayat di atas menjelaskan pertolongan Allah kepada orang-orang yang beriman pada perang badar, tentunya Allah pun memuji perbuatan mereka ketika memohon pertolongan. Dan karena sebab itulah Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan kepada mereka pertolongan. Allah Subhanahu wa ta'ala mencintai perbuatan mereka. Jika demikian maka memohon pertolongan adalah bagian daripada ibadah.

Jadi Allah mengabulkan permintaan mereka karena Allah meridhoi apa yang mereka lakukan ketika mereka beristighatsah. Kaum muslimin pada perang badar beristighatsah memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala maka istighotsah bagian daripada ibadah, karena perbuatan tersebut dicintai dan diridhoi oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Imam Ibnu Qoyyim Rahimahullah berkata ketika menjelaskan di antara bentuk-bentuk kesyirikan,
"Diantara macam macam kesyirikan adalah meminta kebutuhan kepada makhluk dan beristighatsah kepadanya, juga memohon kepadanya. Ini adalah asal kesyirikan di muka bumi, karena mayit itu amalnya sudah terputus, ia sendiri tidak mampu memberikan manfaat tidak pula menahan keburukan dari dirinya sendiri, apalagi kepada orang yang beristighosah kepadanya." (Kitab Madarijus Saalikin)
Adapun terkait istighosah kepada makhluk itu diperbolehkan sesuai dengan syarat yang disebutkan pada isti'adzah dan Isti'anah. Jadi pada aslinya istighotsah itu tidak boleh kepada makhluk, itu adalah ibadah yang merupakan hak Allah Subhanahu wa ta'ala.

Nah, dikecualikan darinya jika memenuhi syarat sebagaimana telah dijelaskan dalam pembahasan tentang isti'adzah bahwa ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi sehingga itu diperbolehkan:
  1. Tidak bergantung kepada makhluk dia hanya sebagai sebab
  2. Perkara yang dimintanya adalah perkara yang pada asalnya bisa dilakukan oleh makhluk
  3. Orang yang dimintanya adalah orang yang masih hidup, hadir dan tentunya mendengar apa yang kita minta
Sahabat belajar Islam yang semoga dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa taala. Demikianlah materi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Akhukum fillah,
Abu Sumayyah Beni Sarbeni

والسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.