F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-107 Allah Telah Menurunkan Kitab Kepada Seorang Rasul - Aqidah Ahlussunnah Waljama’ah

Audio ke-107 Allah Telah Menurunkan Kitab Kepada Seorang Rasul - Aqidah Ahlussunnah Waljama’ah
🌐 WAG Dirosah Islamiyah Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad
🗓 SELASA| 01 Sya’ban 1444 H| 21 Februari 2023 M
🎙 Oleh : Ustadz DR. Abdullah Roy M.A. حفظه الله تعالى
📕 Rukun Iman Ketiga - Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah
🔈 Audio ke-107

📖 Allah Telah Menurunkan Kitab Kepada Seorang Rasul

بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله و أصحابه، والتابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين و سلما تسليما كثيرا أما بعد.

Baik In sya Allāh kita lanjutkan pembahasan tentang Kitab Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah yang dikarang oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullahu ta’ala.

Beliau rahimahullah mengatakan:

ونؤمن بأن الله تعالى أنزل مع كل رسول كتبا

"Dan kami beriman bahwasanya Allāh ta'ala telah menurunkan bersama seorang rasul sebuah kitab.”
Kalau paragraf sebelumnya beriman bahwasanya Allāh menurunkan kepada para rasul kutuban (kitab-kitab) ini secara umum, kemudian secara khusus kita beriman bahwasanya Allāh menurunkan bersama seorang rasul satu kitab.

لقول تعالي:

Berdasarkan firman Allāh ta'ala:

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِٱلْبَيِّنَـٰتِ وَأَنزَلْنَا مَعَهُمُ ٱلْكِتَـٰبَ وَٱلْمِيزَانَ لِيَقُومَ ٱلنَّاسُ بِٱلْقِسْطِ
“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa tanda-tanda kekuasaan Kami dan Kami menurunkan bersama mereka Kitab dan juga timbangan supaya manusia berlaku adil.” [QS Al-Hadid: 25]
Ini menunjukkan bahwasanya masing-masing rasul diberikan kitab oleh Allāh, sebagian ulama ada yang mengatakan bahwasanya yang diberikan kitab adalah para rasul.

Yaitu masing-masing diberikan kitab dan karena umat atau rasul sebelum Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam, jadi mereka diutus kepada masing-masing dari kaumnya. Dan ini adalah keistimewaan dan keutamaan Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam dibandingkan rasul-rasul sebelumnya.

Rasul sebelumnya diutus kepada masing-masing dari kaumnya sehingga masing-masing diberikan kitab sesuai dengan keadaan kaumnya.

لِكُلٍّۢ جَعَلْنَا مِنكُمْ شِرْعَةًۭ وَمِنْهَاجًۭا
"Masing-masing dari kalian kami jadikan syari'at dan juga jalan.” [QS Al-Maidāh: 48]
Adapun Al-Quran maka ini untuk seluruh umat, untuk seluruh manusia setelah diutusnya Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam.

Baik, setelahnya beliau mengatakan:
ونعلم من هذه الكتب
"Dan kami (Ahlus Sunnah wal Jama'ah) di antara kitab-kitab yang kami ketahui.”
Karena tidak semua kitab yang Allāh turunkan kita mengetahuinya, tadi secara umum kita meyakini bahwasanya setiap rasul mempunyai kitab.

Jumlah rasul banyak, disebutkan di dalam sebuah hadits 300 lebih, apakah setiap kitab yang diturunkan kepada setiap rasul, Allāh memberitahukan kepada kita namanya? Jawabannya tidak, tidak semua kitab yang Allāh turunkan kepada rasul tadi diberitahukan namanya kepada kita.

Yang tidak diberitahukan namanya kepada kita, kita beriman:

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَـٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِ
"Rasul telah beriman kepada Al-Qurān yang diturunkan kepadanya dari Rabb-nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allāh, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya.” [QS Al-Baqarah: 285]
Dan Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam mengatakan:

أَنْ تُؤْمِنَ بِالله وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ

Kita beriman secara global, yakin bahwasanya setiap rasul memiliki kitab dan di dalamnya ada petunjuk bagi manusia dan itu adalah hujjah Allāh atas mereka.

Dan di sana ada kitab-kitab yang diberitahukan kepada kita namanya, yang diberitahukan kepada kita namanya maka kita beriman secara terperinci.

Kitab ini diturunkan kepada nabi Musa namanya adalah ini. Ini di turunkan kepada nabi Isa, namanya adalah ini. Jadi yang datang secara ijmal (global) kita beriman secara global yang datang dengan perincian maka kita beriman dengan terperinci.

Yang pertama adalah kitab Taurat

أ - التوارة التي أنزلها الله تعالى على موسى صلى الله عليه وسلم

Taurat yang diturunkan oleh Allāh kepada nabi Musa alayhissallam, ini adalah di antara kitab yang diberitahukan kepada kita namanya, namanya Taurat dan artinya adalah syari'at.

التي أنزلها الله تعالى على موسى
"Yang diturunkan oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla kepada nabi Musa alayhissallam.”
وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ
"Dan sungguh kami telah memberikan kepada Musa Al-kitab (maksudnya adalah Taurat).” [QS Al-Baqarah: 87]
Kemudian nabi Adam alayhissalam ketika berbicara dengan nabi Musa:

أنت موسى الذي خط لك التوراة بيده
"Engkau adalah Musa yang Allāh Subhānahu wa Ta’āla telah menulis Taurat dengan tangan-Nya.”
Menunjukkan bahwasanya nama kitab ini adalah Taurat. Siapa rasul yang diturunkan kepadanya kitab Taurat ini? Dia adalah Musa alayhissallam kalimullah, nabi Musa alayhissallam orang yang pernah diajak berbicara oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا
"Dan Allāh berbicara kepada Musa dengan sebenar-benar pembicaraan.” [QS An-Nisa: 164]
وهي أعظم كتب بني إسرائيل
"Dan dia adalah kitab yang paling agung milik bani Israil yaitu kitab yang diturunkan kepada bani Israil, yang paling agung adalah kitab Taurat ini.”
Demikian yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini, in sya Allāh kita lanjutkan pada kesempatan yang akan datang.

وبالله التوفيق و الهداية
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

•┈┈┈•◈◉◉◈•┈┈┈•
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.