F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-327: Bab 27 ~ Pembahasan Hadits Aisyah

Audio ke-327: Bab 27 ~ Pembahasan Hadits Aisyah
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-590
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SELASA, 24 Muharram 1446 H / 30 Juli 2024 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah
Audio https://drive.google.com/file/d/1LnlgIjuBjzDQWqbRQl8Gn5miugg3xqcg/view?usp=sharing

💽 Audio ke-327: Bab 27 Mengagungkan Kehormatan Kaum Muslimin dan Penjelasan tentang Hak-Hak Mereka serta Kasih Sayang terhadap Mereka ~ Pembahasan Hadits 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِلِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ


Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Kita lanjutkan.

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : قَالَتْ : إِنْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ لَيَدَعُ الْعَمَلَ ، وَهُوَ يُحِبُّ أَنْ يَعْمَلَ بِهِ ، خَشْيَةَ أَنْ يَعْمَلَ بِهِ النَّاسُ ؛ فَيُفْرَضَ عَلَيْهِمْ . ❊ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, ia bertutur, "Dahulu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam meninggalkan suatu amal perbuatan, padahal Beliau suka mengerjakannya; karena khawatir hal itu akan dikerjakan oleh orang-orang, lalu amalan itu diwajibkan atas mereka."
(Muttafaqun 'alaihi)
Subhanallah.
Ini cinta dan kasih sayang.
Beliau mencintai sebuah amalan untuk mengerjakannya, tapi karena kasihan dengan umatnya, Beliau tinggalkan. Artinya, Beliau meninggalkan kesukaan Beliau, Beliau meninggalkan kesenangan Beliau. Karena apa? Karena sayang sama kita.

Disebutkan di sini, bahwasanya alasan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam meninggalkan itu amalan, karena takut nanti diwajibkan buat umatnya, dan itu memberatkan mereka.

Seperti yang terjadi dengan Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam ketika Beliau shalat tarawih. Beliau pernah melaksanakan shalat tarawih di sepuluh hari terakhir, di malam-malam ganjil. Beliau shalat dan subhanallah para sahabat dengar, maka mereka pun ikut. Ini Nabi jadi imam shalat sunah, panjang bacaan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam ketika Beliau jadi imam shalat malam tersebut.

Kemudian hari keduanya, datang lagi sahabat, lebih banyak dari yang pertama. Hari ketiganya, lebih banyak lagi yang datang. Kemudian Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam meninggalkan, enggak lagi Beliau shalat. Para sahabat nungguin di masjid. Nabi enggak keluar dari rumahnya untuk memimpin shalat malam tersebut.

Keesokan harinya, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan,

❲ أَمًّا بَعْدُ ، فَإِنَّهُ لَا يَخْفَى عَلَيَّ مَكَانُكُمْ ❳

Maka sesungguhnya apa yang kalian kerjakan semalam, aku tahu kalian nungguin aku, kata Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam.

❲ وَلَكِنِّيْ كَرِهْتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ ❳

Aku takut nih, shalat malam nanti diwajibkan atas kalian

❲ فَتَعْجِزُوا عَنْهَا ❳

lalu kalian enggak mampu mengerjakannya.

Maka Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam meninggalkan shalat malam berjamaah karena takut diwajibkan atas umatnya. Ini sebagai bentuk kasih sayang Beliau, di mana ada banyak amalan yang Beliau tinggalkan, Beliau menyukainya, tapi Beliau kasihan sama kita.

Ada beberapa hadits, Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan,

❲ لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي ... ❳

Andai kata aku tidak takut memberatkan umatku, aku akan kerjakan ini. Aku akan akhirkan shalat Isya sampai tengah malam, aku akan wajibkan untuk bersiwak setiap shalat, kata Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam.

Subhanallah.
Ini semua karena kasih sayang Beliau kepada kita, sehingga kita pun harus sayang sama saudara kita, dan lebih-lebih sayang kepada Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam yang begitu besarnya cinta Beliau untuk umatnya.

Maka di sini Beliau meninggalkan sesuatu yang Beliau cintai bukan karena Beliau capek, bukan karena beliau lelah. Ini amalan-amalan berat nih Jamaah, Beliau ingin mengamalkannya, tapi karena takut diwajibkan atas umatnya, Beliau tinggalkan.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.