F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-129 Kafirnya Orang Yang Meyakini Adanya Agama Yang Benar Selain Islam

Audio ke-129 Kafirnya Orang Yang Meyakini Adanya Agama Yang Benar Selain Islam
🌐 WAG Dirosah Islamiyah Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad
🗓 KAMIS | 19 Dzulqa’dah 1444 H | 08 Juni 2023 M
🎙 Oleh : Ustadz DR. Abdullah Roy M.A. حفظه الله تعالى
🔈 Audio ke-129

📖 Kafirnya Orang Yang Meyakini Adanya Agama Yang Benar Selain Islam


بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله رب العالمين، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ صلى الله عليه وعلى آله وصحبه والتابعين لهم بإحسانٍ إلى يوم الدين وسلم تسلما كثيرا. أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah, kembali kita dipertemukan oleh Allah Azza wa Jalla dalam pembahasan kitab Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Dan kita masih berada pada pembahasan beriman kepada para rasul Allah.

Kemudian setelahnya beliau mengatakan:
ونرى أن من زعم اليوم دينا قائما مقبولا عند الله سوى دين الإسلام من دين اليهودية أو النصرانية أو غير هما فهو كافر

Dan kami menganggap (Ahlus Sunnah wal Jama'ah berpandangan berkeyakinan) bahwasanya setiap orang yang menyangka di hari ini (sekarang ini, masa ini menyangka) adanya agama yang tegak yang diterima di sisi Allah selain agama Islam baik agama Yahudiyyah atau agama Nasraniyyah atau selain keduanya yaitu Hindu, Budha, Majusi dan seterusnya. Maka orang tersebut adalah orang yang kafir.

Meskipun KTP nya adalah KTP Islam, meskipun dia menyangka saya muslim, tetapi kalau dia masih menyangka bahwasanya selain agama Islam itu benar dan itu adalah agama yang maqbul di sisi Allah maka dia sendiri telah keluar dari agama Islam.

Ini adalah sesuatu yang membahayakan, dan nanti akan disebutkan oleh syaikh kenapa bisa keluar dari agama Islam.

يستتاب
"Orang yang demikian diminta untuk bertaubat.”
فإن تابو
"Kalau dia bertaubat, maka diterima.”
Terangkan kepadanya bahaya ucapannya, bahwasanya ucapan itu bisa mengeluarkan seorang dari agama Islam. Diminta untuk bertaubat, kalau dia bertaubat (Alhamdulillah), inilah yang kita inginkan.

وإلا قتل مرتدا

Kalau dia tidak mau bertaubat, dan sudah dijelaskan dengan sejelas-jelasnya dan dia paham apa yang disampaikan kepadanya, kemudian dia tetap menolak dan tetap mengatakan bahwasanya semua agama atau agama yahudi atau nasrani diterima dan seterusnya, maka dia dibunuh dengan sebab dia telah murtad dari agamanya (Islam).

Karena dia telah mengubah agamanya, melakukan satu di antara Nawaqidhul Islam (satu di antara pembatal-pembatal keislaman).

Dan di dalam sebuah hadits Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam mengatakan:

لاَ يَحِلُّ دَمُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ إِلاَّ بإِحْدَى ثَلاثٍ: الثَّيِّبُ الزَّانِيْ، وَالنَّفْسُ بِالنَّفْسِ، وَالتَّاركُ لِدِيْنِهِ المُفَارِقُ للجمَاعَةِ

Tidak halal darah seorang muslim kecuali dengan satu di antara tiga perkara, di antaranya adalah المارِقُ مِنَ الدِّينِ التَّارِكُ لِلْجَماعَةِ (orang yang meninggalkan agamanya).

Dan Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam mengatakan:

من بدّل دينه فاقتلوه
"Barangsiapa yang merubah agamanya, maka hendaklah kalian membunuh orang tersebut.”
Siapa yang berhak untuk membunuh? Pemerintah dan juga penguasa yang sah (berwenang) maka merekalah yang menegakkan hukum seperti ini. Bukan secara individu atau secara kelembagaan atau organisasi. Ini semua adalah hak pemerintah dan juga penguasa kaum muslimin.

لأنه مكذب للقرآن

Ini sebabnya, kenapa dia dibunuh? Karena dengan sebab murtadnya.
Kenapa dia murtad ? Karena dia telah mendustakan Al-Qur'an.

Tadi sudah disebutkan Allāh Subhānahu wa Ta’āla mengatakan bahwasanya agama di sisi Allah hanyalah Islam. Kenapa orang tadi mengatakan yahudi juga diterima? Dan Allah mengatakan:

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ
"Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka tidak diterima darinya."[QS Ali-Imran: 85]
Mengapa dia masih mengatakan diterima? Berarti ini, ingin mendustakan Al-Qur'an. Bagaimana hukum orang yang mendustakan Al-Qur'an? Jelas keluar dari agama Islam.

Jangankan mendustakan satu ayat, mendustakan satu huruf yang disepakati oleh para ulama itu adalah bagian dari Al-Qur’an, maka ini bisa mengeluarkan seseorang dari agama Islam. Lalu bagaimana mendustakan satu kalimat, satu kata atau bahkan mendustakan satu ayat.

Oleh karena itu, hati-hati dengan yang seperti ini, dan ucapan yang semakna dengan ucapan seperti ini banyak. Sebagian orang menganggap ini adalah perkara yang biasa, mengatakan bahwasanya seluruh agama ini benar, seluruh agama di sisi Allah diterima semuanya. Ini banyak diucapkan bahkan sebagian orang mereka mengaku sebagai seorang muslim.

Maka ini dalam bahaya yang besar yang demikian, dia dalam keadaan bahaya yang besar. Kalau dia meyakini bahwa seluruh agama ini adalah diterima di sisi Allāh Subhānahu wa Ta’āla, maka ini seperti yang tadi disebutkan oleh syaikh, dia مكذب للقرآن (dia telah mendustakan Al-Qur'an). Dan mendustakan Al-Qur'an adalah bagian dari kekufuran kepada Allah Azza wa Jalla.

In sya Allah, kita lanjutkan pada pertemuan yang akan datang.

والله تعالى أعلم
وبالله التوفيق و الهداية
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

•┈┈┈•◈◉◉◈•┈┈┈•
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.