F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-89: Bab 05 Muraqabah ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu

Audio ke-89: Bab 05 Muraqabah ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-317
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 KAMIS, 05 Dzulqa'dah 1444 H / 25 Mei 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-89: Bab 05 Muraqabah ~ Pembahasan Hadits Anas Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Kemudian hadits yang selanjutnya.

عَنْ أنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : إنَّكمْ لَتَعْمَلُونَ أعْمَالًا ؛ هِيَ أَدَقُّ فِيْ أَعْيُنِكُمْ مِنَ الشَّعْرِ ؛ كُنَّا نَعُدُّهَا عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْمُوْبِقَاتِ . ❊ رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ [ ٦٤٩٦]. وَقَالَ : ( الْمُوْبِقَاتُ ) : الْمُهْلِكَاتُ.
Dari Anas radhiyallahu 'anhu ia berseru, "Sesungguhnya kalian benar-benar akan mengerjakan beberapa perbuatan yang perbuatan itu di mata kalian lebih halus daripada rambut. Padahal pada masa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, kami mengategorikannya sebagai perbuatan yang membinasakan."(HR. Al-Bukhari)
Allahu Akbar.
Berubah kondisinya. Maka kita bila ingin menghadirkan kedamaian di negeri kita, kembalikan masa-masa lalu, kembalikan Islam kepada Islam yang ada pada masa para sahabat Nabi, bagaimana mereka mengamalkan. Contoh nih, yang sekarang manusia menganggap remeh: meninggalkan shalat berjamaah.

Di masa para sahabat, Abdullah bin Mas'ud cerita,

❲ لَا يَتَخَلَّفُ عَنْهَا إِلَّا مُنَافِقٌ مَعْلُومُ النِّفَاقِ ❳ 
"Tidaklah orang meninggalkan shalat berjamaah di masa kami, kecuali dia itu orang munafik yang kemunafikannya sudah diketahui." 
Sekarang orang meremehkan sekali meninggalkan shalat berjamaah. Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam terkadang ketika shalat Subuh, Beliau bertanya kepada para sahabatnya,

 أَشَاهِدٌ فُلَانٌ؟ أَشَاهِدٌ فُلَانٌ؟ 
"Fulan shalat enggak, berjamaah? Fulan shalat enggak?"
Sekarang enggak peduli orang. Jangan(kan) shalat berjamaah, shalatnya pun ditinggalkan, menipu! Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan,

❲ مَنْ غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا ❳
"Yang nipu bukan dari kelompok kami."
Bukan dari umat Islam!

Sekarang penipuan di mana-mana, penipuan pakai HP (handphone), penipuan pakai apa, kemudian hoaks.

Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam ditanya,

أيَكْذِبُ الْمُؤْمِنُ 
"Apakah seorang mukmin berdusta?"
Enggak, kata Nabi. Mukmin enggak berdusta. Itu salah satu sifat orang-orang munafikin, berdusta. Dan sekarang kita lihat hoaks ini di mana-mana disebarkan dan menganggap itu remeh, padahal ada ucapan yang mengantarkan pelakunya ke neraka yang paling dalam.

Kondisinya berubah karena orang jauh dari pendidikan agama. SD hanya dua jam pelajaran agama. SMP, SMA, kuliah, sama. Mau dapat dari mana dia karakter yang baik bila agama dicampakkan dan diabaikan?!

Yang terjadi seperti yang disebutkan, ini hanya perubahan sebentar, Jamaah, dari masa sahabat ke masa tabi'in. Di masa tabi'in sudah mulai kerusakan-kerusakan, karena beda masa mereka. Apalagi dengan masa kita yang orang baca Qur'an jarang, baca juga kadang kala enggak tahu artinya, enggak mau baca tafsirnya, sehingga banyak dosa-dosa yang diremehkan.

Wallahi, Jamaah.
Penjual-penjual, pedagang-pedagang, ada yang jual bakso, bakso babi hutan ditulis bakso sapi. Ada yang sate, sate kambing dicampur dengan anjing. Dijual, umat Islam yang beli, saudaranya yang beli. Dianggap remeh buat mereka. Naudzubillahi min dzalik.

Karena mereka tidak menghadirkan pengawasan Allah. Ilmunya tentang Allah jauh sekali. Kadang kala punya ilmu, menyimpang juga ilmunya, enggak benar.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللَّهُ فِيْك 
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════

Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.