F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-93: Bab 05 Muraqabah ~ Pembahasan Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu

Audio ke-93: Bab 05 Muraqabah ~ Pembahasan Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-321
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 RABU, 11 Dzulqa'dah 1444 H / 31 Mei 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah

💽 Audio ke-93: Bab 05 Muraqabah ~ Pembahasan Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Hadits yang selanjutnya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ ﷺ : ❲ مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيْهِ ❳ . ❊ حَدِيْثٌ حَسَنٌ ؛ رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ [٢٣١٨] وَغَيْرِهِ.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia bercerita, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Di antara tanda baiknya Islam seseorang adalah ketika ia meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat bagi dirinya'."
Subhanallah.
Jamaah rahimakumullah. Ini hadits termasuk dari ucapan Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam yang ringkas, tapi memiliki makna yang dalam: Sesuatu yang tidak engkau butuhkan, enggak bermanfaat, tinggalkan. Yang enggak ada urusanmu di situ, tinggalkan.

Kita kadang kala lebih suka ngomentarin orang, ngomongin orang ini itu. Berguna enggak? Dan ini yang terjadi di masa sekarang dengan adanya medsos (sosial media). Membuat orang melakukan tindakan-tindakan yang tidak berguna buat dirinya. Nonton.. enggak berguna. Dapat apa engkau dari tadi? Enggak dapat apa-apa! Tulis komentar yang enggak bermanfaat, dapat apa? Hanya menghabiskan waktu.

Seorang yang memikirkan dirinya, "Manfaat enggak buat aku ini?"
Oh, enggak manfaat. Ya sudah, tinggalin!
"Ada gunanya enggak?"
Enggak ada gunanya, tinggalin.

Orang ini akan hidup tenteram dan damai, enggak ikut-ikut urusan orang juga. Yang bermanfaat, dia berpikir, selalu dia berpikir, ada manfaat atau tidak. Karena di masa seperti ini banyak orang yang kaya raya, yang mempunyai waktu lebih banyak dari orang lain. Tidak 24 jam, tapi bisa lebih waktunya dia. Sehingga digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna.

Harta juga seperti itu, dihambur-hamburkan untuk sesuatu yang tidak berguna. Ingat!

❲ مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيْهِ ❳
Tanda keislaman seorang baik, muslim yang baik dari mana? Dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna. Yang tidak ada gunanya buat dia, dia tinggalkan.
Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.