F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Audio ke-42: Bab 03 Sabar ~ Pembahasan Hadits dari Shuhaib Radhiyallahu Anhu Bag 01

Audio ke-42: Bab 03 Sabar ~ Pembahasan Hadits dari Shuhaib Radhiyallahu 'Anhu Bag 01
📖 Whatsapp Grup Islam Sunnah | GiS
☛ Pertemuan ke-242
🌏 https://grupislamsunnah.com
🗓 SELASA 02 Rajab 1444 H / 24 Januari 2023 M
👤 Oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. حفظه الله تعالى
📚 Kitab Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin (Taman-Tamannya Orang-Orang yang Saleh dari Sabda-Sabda Nabi Muhammad ﷺ) karya Imam Nawawi Rahimahullah
Audio https://drive.google.com/file/d/1z8AI1Aya95_urEsdPg-PeiVlj9-Zrx0I/view?usp=sharing

💽 Audio ke-42: Bab 03 Sabar ~ Pembahasan Hadits dari Shuhaib Radhiyallahu 'Anhu Bag 01

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ

Segala puji bagi Allah Jalla Jalaluh (Allah yang Maha Agung dengan keagungan-Nya, -ed). Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Baginda Nabi kita Muhammad 'Alaihis-shalatu wassalam. Amma ba’du.

Kaum muslimin, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati oleh Allah Jalla Jalaluh.

Kita lanjutkan kajian kita.

Kita masuk ke hadits nomor 30. Kita baca artinya, kemudian di situ kita akan, pelan-pelan kita akan sampaikan beberapa faedah yang bisa diambil dari situ.

Dari Shuhaib Radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Dahulu kala, ada seorang raja dari kalangan orang-orang sebelum kalian yang mempunyai seorang ahli sihir. Ketika ahli sihir ini sudah lanjut usia, dia berkata kepada sang raja, 'Sesungguhnya aku sudah lanjut usia, oleh karena itu kirimkanlah seorang pemuda kepadaku agar aku bisa mengajarkan kepadanya ilmu sihir'."

Kita lihat isinya. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam sering kali bercerita tentang orang-orang sebelumnya, karena dalam kisah itu ada pelajaran. Isi Al-Qur'an sepertiganya kisah.

Kisah paling banyak yang sering diulang dalam Al-Qur'an kisah siapa? Nabi Musa 'Alaihissalam. Karena memang perjalanan dakwah Nabi Musa 'Alaihissalam sangat panjang sekali. Bahkan Allah menceritakan dari lahirnya.

Nabi-nabi yang lain, kita tidak mendapatkan cerita kelahiran mereka. Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, punya cerita yang cukup panjang, ya. Nabi Yunus, Nabi Ayyub, enggak ada cerita tentang kelahiran mereka. Nabi Isa diceritakan kelahirannya. Na'am.

Tapi Nabi Musa 'Alaihissalam diceritakan sejak lahirnya dia. Bagaimana kondisi negeri itu di masa kelahiran beliau, kemudian setelah itu perjalanan dilempar ke sungai, dibesarkan di keluarga Fir'aun, kemudian tumbuh besar di sana. Kemudian, bagaimana akhirnya ada masalah dengan orang-orang 'Ijib, lalu beliau hijrah meninggalkan Mesir, kemudian balik lagi ke Mesir.

Cerita itu enak didengar dan terkadang kita terpengaruh dengan cerita tersebut. Yang terpengaruh itu alam bawah sadar kita. Kalau sekarang, film. Berapa banyak pesan-pesan negatif yang disampaikan oleh film-film? Orang enggak sadar.

Di sini Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam bercerita tentang kisah seorang raja yang memiliki tukang sihir. Jadi kalau bicara tukang sihir, ya, hampir raja-raja yang tidak beriman tentunya, atau yang imannya kurang, mereka itu punya guru spiritual tapi sihir-sihir, bukan guru agama. Bahkan teman-teman di Afrika cerita, orang di tempat kita raja-rajanya/presiden-presiden punya guru spiritual, yang artinya dukun, paranormal, atau tukang sihir yang memang tujuannya adalah untuk menyelamatkan negeri.

Dan dalam cerita ini, tukang sihir ini sudah lanjut usia, dia ingin mewariskan ilmunya. Bayangkan, orang-orang yang melakukan keburukan, kejahatan, ternyata ingin mewariskan ilmu mereka. Masa orang-orang yang saleh tidak ingin mewariskan ilmu kebaikan buat mereka? Maka dia minta kepada raja untuk mengirim seseorang untuk belajar. Ini yang disebut kaderisasi untuk jadi sihir, bisa jadi tukang sihir.
"Maka sang raja mengirimkan kepadanya seorang pemuda yang akan diajarinya ilmu sihir. Di jalan menuju tempat tukang sihir yang dilalui pemuda itu, terdapat seorang pendeta ahli ibadah. Lantas pemuda itu duduk didekatnya dan mendengarkan perkataannya. Perkataan yang membuatnya kagum atau terheran-heran setiap mendatangi ahli sihir. Dia selalu melewati si pendeta serta singgah di tempatnya. Suatu saat ketika pemuda itu mendatangi ahli sihir yang memang telah mengetahui kebiasaannya tersebut, guru itu pun memukulnya. Kemudian hal itu diberitahukan kepada si pendeta dan dia pun berkomentar. 'Jika kamu takut kepada ahli sihir itu, katakanlah, keluargaku telah menahanku. Dan jika kamu takut kepada keluargamu, katakanlah, ahli sihir telah menahanku'."
Kita lihat di sini, Allah kalau mau kasih hidayah, Jamaah, jalannya itu kita enggak tahu. Ini pemuda dipilih untuk menjadi penerus penyihir, tapi ternyata di jalan dia melihat pemandangan, ya. Ini pengaruh lingkungan baik, kita lihat. Orang kalau lewat masjid, paling tidak, akan tertarik untuk datang ke masjid.

Ini benar-benar kerjanya memang belajar ke tukang sihir. Tapi dia melihat ada pendeta yang ahli ibadah. Dia kepingin tahu ya. Makanya anak-anak muda nih, kenapa ditakutin? Karena mereka kadang kala emosional. Mereka lebih logic berpikir, tidak terlalu fanatisme. Beda dengan orang-orang tua yang biasanya sudah fanatik.

Pengikut para nabi kebanyakan anak muda. Ini anak muda mendengarkan ucapan pendeta tersebut. Dia tertarik. Beda dengan ucapan penyihir, beda dengan ajaran penyihir. Lalu akhirnya mau tidak mau dia terlambat datang ke tukang sihir, dan di sana dimarahin, dipukul, karena tahu dengan kebiasaan dia.

Dikasihlah sebuah cara untuk menyelamatkan diri. Dengan cara apa? Dia sebenarnya berdusta tapi yang mengandung makna tauriyah, mengandung makna semacam kiasan. Mengatakan, "Aku ditahan sama keluargaku", atau "ditahan sama keluarganya", sehingga tidak bisa berangkat cepat. Dan pendeta itu ketika menjadi seorang muslim maka dia jadi keluarganya.

Dan ketika datang ke tukang sihir, memang yang membuat dia tidak pulang cepat karena memang waktunya panjang di tempat sihir itu. Atau karena mengambil waktu yang di pendeta tadi, yang seharusnya umpamanya jam 5 sampai rumah, karena tukang sihirnya ini menambah waktu, sehingga telat dia pulangnya. Maka ketika dia mengatakan tukang sihir yang menahanku, betul dia tidak dusta. Ini untuk menyelamatkan diri.

Jamaah rahimakumullah, itu yang bisa kita kaji. Semoga ilmu yang kita kaji hari ini berguna buat kita dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan semoga Allah menerima amalan kita. Sampai berjumpa kembali.

بَارَكَ اللهُ فِيْك
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.


══════ ∴ |GiS| ∴ ══════
Post a Comment

Post a Comment

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+
- Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.